Minum Teh Hitam Manis Berlebihan Berisiko Kanker Pankreas

Kamis, 12 September 2024 15:32
Teh hitam manis tingkatkan risiko kanker pankreas Pexels.com

HELOINDONESIA.COM - Minum teh seperti minum air putih pada orang normal menyebabkan kanker? Seorang dokter membagikan laporan kasus yang mengatakan bahwa seorang wanita berusia 52 tahun terbiasa meminum sejenis teh sebagai air minum sehar-hari.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan bahwa indeks kanker pankreasnya melebihi standar hampir 40 kali lipat, sehingga membuatnya berisiko mengembangkan kanker pankreas.

Qian Zhenghong, seorang dokter gastrointestinal dan hepatobilier, menyebutkan dalam program "Little Universe" bahwa wanita tersebut menjalani pemeriksaan karena sakit perut. Setelah indeks tumor CA-199 (indeks kanker pankreas) diuji, hasilnya ternyata mencapai 1.400 Nilai normalnya kurang dari 37, hampir 40 kali lebih tinggi dari standar. Saat itu, dokter mencurigai dia mengidap kanker pankreas. Namun, setelah dilakukan USG, gastroskopi, dan kolonoskopi, namun tidak ditemukan sel kanker.

Wanita tersebut mengatakan bahwa dia sering meminum teh hitam manis, sekitar 1 hingga 2 liter sehari, dan meminumnya sebagai air selama beberapa tahun. Dokter menyatakan bahwa minum teh berlebihan akan berdampak negatif pada perut dan menyarankannya untuk berhenti meminumnya.

Baca juga: Manfaat Utama Rosela dalam Kandungan Teh, Dinikmati Setelah Aktivitas Spa Makin Joss

Setelah kunjungan lanjutan satu bulan kemudian, indeks kanker wanita tersebut turun menjadi 42. Namun untuk memastikan penyebabnya, dia melakukan tes lain dan mencoba minum teh hitam manis selama sebulan. Setelah tes darah, indeks kanker memang naik menjadi 700; 25.

Dr Qian menunjukkan bahwa teh hitam manis memiliki dampak yang luar biasa. Ia mengatakan, indeks CA-199 merupakan protein yang disekresikan oleh pankreas. Jika indeks tersebut meningkat secara tidak normal, dapat menyebabkan kerusakan pada pankreas sehingga meningkatkan risiko kanker pankreas.

Kanker pankreas biasanya ditemukan sudah stadium lanjut, penderitanya hanya punya waktu 6 bulan.

Baca juga: Liga 1 : PSS Sleman Vs Borneo FC, Tonton Disini Berikut Link Live Streamingnya

3 Tipe Orang Berisiko Terkena Kanker Pankreas
Qian Zhenghong dari Departemen Gastroenterologi dan Hepatobilier menunjukkan bahwa penelitian dari Universitas Tokai di Jepang menunjukkan bahwa ada tiga faktor utama yang dapat menyebabkan risiko kanker pankreas, yang bisa mencapai 10 kali lebih tinggi:

- Diabetes: Risiko kanker pankreas meningkat 2 hingga 3 kali lipat
- Kebiasaan merokok: risiko 2 kali lipat terkena kanker pankreas
- Pankreatitis kronis alkoholik: risiko kanker pankreas meningkat 7 hingga 10 kali lipat

Apa penyebab kanker pankreas? Menurut Otoritas Rumah Sakit Hong Kong, penyebab kanker pankreas masih belum sepenuhnya dipahami. Kemungkinan besar disebabkan oleh mutasi sel dan proliferasi pankreas. Kebanyakan kanker pankreas adalah adenokarsinoma yang timbul dari sel epitel saluran pankreas.***

Berita Terkini