Tangani Stunting di Tangsel, Pilar Tekankan Pentingnya Peran Kader Kesehatan

Rabu, 11 September 2024 20:31
Pilar menekankan upaya-upaya penurunan stunting harus dilakukan secara konsisten di masyarakat. Tentunya, berkolaborasi bersama Dinas dan tenaga kesehatan lainnya. Ist

HELOINDONESIA.COM - Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan menekan pentingnya peran kader kesehatan dalam menekan angka stunting di Kota Tangerang Selatan.

Hal tersebut disampaikan olehnya saat memberikan pembinaan dan penguatan kader stunting se-Kelurahan Rempoa, pada Rabu (11/09/2024).

"Jadi peran serta ibu-ibu kader ini sangat penting. Bagaimana seorang kader bisa memberikan pelayanan terbaik di masyarakat, supaya anak-anak kita tidak ada lagi disebut stunting," ujarnya.

Pilar menekankan upaya-upaya penurunan stunting harus dilakukan secara konsisten di masyarakat. Tentunya, berkolaborasi bersama Dinas dan tenaga kesehatan lainnya.

Baca juga: Selama 20 Tahun Warga Ciptim Tangsel Diancam Banjir, Kini Pemkot Tangsel Bangun Turap dan Banjirpun Berakhir 

"Ujung tombak penanganan stunting ini ada ibu-ibu sekalian tentunya bersama dengan Dinas Kesehatan, lalu tenaga kesehatan puskesmas. Tetapi, ada peran ibu-ibu mulai dari pos gizi," ucapnya.

Oleh karenanya, Pilar mengimbau untuk aktif melihat ibu hamil di lingkungan masyarakat. Terutama memastikan gizi yang dikonsumsi sesuai sehingga mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat.

"Gini ibu-ibu bicara gizi buruk bukan hanya soal makan saja. Bisa saja rumahnya yang tidak layak huni, lalu sanitasi rumah, itu juga pengaruh," ujarnya.

Baca juga: Kemendikbudristek Mendapat Tambahan Anggaran untuk Peningkatan Kesejahteraan Guru, Dosen, serta Program Wajib dan Prioritas

Tentunya lewat upaya yang dilakukan diharapkan angka stunting di Tangsel bisa semakin turun, bahkan tidak ada.

Berita Terkini