5 Makanan untuk Melindungi dan Menguatkan Ginjal

Rabu, 4 September 2024 16:10
Banyak vitamin E baik untuk ginjal pixabay.com

HELOINDONESIA.COM - Ginjal merupakan salah satu organ penting. Menurut Departemen Kesehatan Hong Kong, fungsi utama ginjal antara lain: mengeluarkan produk limbah (seperti urea, asam urat) dan zat beracun dalam darah, menyeimbangkan air dan mineral tubuh (seperti kalium, natrium, fosfor), mengendalikan tekanan darah, meningkatkan hematopoiesis sumsum tulang, dan menjaga kesehatan tulang.

Apa yang rata-rata orang bisa makan untuk menjaga kesehatan ginjal? Haruskah pasien penyakit ginjal membatasi asupan protein? Ahli nefrologi Hong Yongxiang menjelaskan pola makan untuk menjaga kesehatan ginjal dalam program "Jika Awan Tahu" .

5 makanan untuk melindungi/menguatkan ginjal

Nomor 5: Kecambah Kedelai

Pola makan pasien gagal ginjal kronik sebaiknya membatasi asupan protein, karena protein diubah menjadi asam amino dan kemudian mengubah nitrogen urea. Oleh karena itu, semakin banyak protein yang Anda konsumsi, semakin tinggi pula kadar racun urin yang dihasilkan.

Padahal kacang-kacangan, ikan, telur, daging atau susu juga akan menambah beban pada ginjal. Khasiat: Secara relatif, protein kedelai menghasilkan lebih sedikit racun urin dan paling tidak berbahaya. Kecambah kedelai merupakan sumber protein kedelai dan memiliki kandungan air yang tinggi, vitamin C dan E, serta kandungan serat pangan yang tinggi.

Baca juga: Nonton Drama Korea Perfect Family Episode 7 Sub Indo

No 4: Jamur Hitam

Nutrisi: Jamur hitam merupakan makanan tinggi zat besi dan kalsium, sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang rentan mengalami anemia. Dikenal sebagai "Raja Serat Makanan", terdapat 7,4 gram serat makanan per 100 gram.
Khasiat: Serat pangan dapat melapisi gula, minyak dan racun saluran kemih serta mengeluarkannya dari usus, sehingga melindungi ginjal.

No.3: Kangkung

Nutrisi dan efek: Kangkung merupakan sayuran silangan, kaya akan vitamin C dan E, memiliki kekuatan antioksidan yang kuat, serta kaya akan serat makanan dan beta-karoten. Kangkung dianggap sebagai makanan super untuk melawan kanker dan menurunkan berat badan, dan juga dikenal sebagai "Raja Sayuran Kuning dan Hijau".

No.2: Blueberry

Nutrisi dan efek: Kaya akan antosianin dan kaya vitamin C dan E. Kekuatan antioksidannya 10 kali lipat dari teh hijau. Antosianin dapat menetralisir radikal bebas yang dihasilkan oleh metabolisme dalam tubuh, melindungi sel endotel pembuluh darah, mencegah arteriosklerosis koroner dan stroke, serta mengurangi risiko kanker.

No 1: Minyak Ikan

Nutrisi dan efek: Kaya akan asam lemak tak jenuh ganda Omega-3, yaitu lemak dan minyak baik yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, melawan peradangan, menurunkan kolesterol jahat, dan mencegah peradangan glomerulus dan sklerosis, yang dapat menyebabkan proteinuria.

Glomeruli adalah pembuluh darah yang sangat kecil, dan terdapat sekitar 1 juta di setiap ginjal. Jika mati, pembuluh darah tersebut tidak akan beregenerasi. Hanya dengan sirkulasi darah yang baik maka laju filtrasi glomerulus dapat menjadi baik.

Saran makanan: Ikan laut dalam berukuran besar seperti tuna, salmon, ikan todak, dll. mungkin memiliki masalah dengan logam berat metilmerkuri. Sebaliknya, semakin banyak Anda memakannya, semakin besar kemungkinannya merusak ginjal Anda. Ikan yang Anda pilih sebaiknya ikan seukuran telapak tangan, seperti ikan teri, ekor kuda, dan saury, yang mengandung lebih sedikit logam berat.**

Berita Terkini

Buyan

Opini • 58 menit lalu