RSUD Moewardi Surakarta Siap Gunakan Robot untuk Tindakan Operasi Pasien

Kamis, 1 Agustus 2024 10:54
Ade
SURAKARTA: Direktur RSUD dr Moewardi Surakarta Cahyono Hadi, saat bertemu Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. Foto: Dok

SURAKARTA, HELOINDONESIA.COM -Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi Surakarta terus meningkatkan mutu, demi pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Teranyar, rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tersebut, sedang menyiapkan rancangan inovasi layanan Laparascopy Robotic Surgery.

Rancangan itu disampaikan Direktur RSUD dr Moewardi Surakarta Cahyono Hadi, saat bertemu Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, di kantornya, Rabu (31/7/2024).

“Kita sudah melakukan tindakan operasi di RSUD dr Moewardi dengan laparascopy, tetapi masih dengan tenaga manusia. Rencana ke depan kita ingin menggunakan robotic, karena bisa lebih presisi dan lebih akurat,” kata Cahyono usai bertemu Pj Gubernur Jawa Tengah.

Hingga kini, kata dia, belum ada rumah sakit milik pemerintah yang memiliki layanan laparascopy robotic surgery. Sejauh ini layanan tersebut baru dimiliki oleh sekitar dua rumah sakit swasta di Indonesia. Maka, pihaknya lebih dulu menyiapkan infrastruktur penunjang dan sumber daya manusia (SDM).

Kerja Sama

“Kita berencana menyediakan alat itu. RSUD dr Moewardi sudah punya tenaga atau sumber daya manusia, yang akan mengoperasikan alat tersebut,” jelasnya.

Guna memperdalam persiapan tersebut, direksi dan tim dokter spesialis akan menjajaki kerja sama dengan King Chulalongkorn Memorial Hospital dan Faculty of Medicine Chulalongkorn University (MDCU), Thailand. Sebab, di sana sudah memiliki teknologi canggih, dan menjadi pusat pendidikan pelatihan untuk 50 negara.

“Kita juga sudah sering melakukan pertukaran ilmu dengan King Chulalongkorn Memorial Hospital,” kata Cahyono.

Ia berharap, RSUD Moewardi menjadi rumah sakit unggulan dan terdepan di Jawa Tengah. Selain itu, juga bisa menjadi pionir dalam pelayanan.

Dalam pertemuan tersebut, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menegaskan, inovasi dalam pelayanan harus optimal. Apalagi, menyangkut layanan kesehatan kepada masyarakat. “Persiapannya harus matang. Kita harus siap dulu. Baik dokter, perawat, maupun fasilitas harus siap. Masyarakat juga harus diberikan edukasi,” tegasnya. (ADE)

Berita Terkini