Cegah Penyebaran Penyakit Polio, M.Firsada Berikan Vaksin Kepada Masyarakat

Rabu, 24 Juli 2024 19:59
M. Firsada dan Hanita Firsada saat memberikan Vaksin Polio (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --Dalam rangka Pekan Imunisasi Nasional (PIN) dan upaya mencegah penyebaran penyakit polio, Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, M. Firsada, memberikan vaksin polio kepada masyarakat.

Terpantau di lapangan, pemberian vaksin polio M. Firsada ditemani Pj Ketua Tim Penggerak PKK, Hanita Firsada beserta tenaga kesehatan setempat, Selasa (24/07/2024).

Dalam sambutannya M. Firsada menekankan urgensi pentingnya imunisasi polio sebagai langkah preventif untuk melindungi generasi muda dari penyakit tersebut.

"Untuk itu diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Tubaba tidak mengabaikan program imunisasi polio ini, karena dengan imunisasi yang tepat, penyakit polio dapat dicegah secara efektif sejak dini,"jelasnya.

Sementara itu, Pj Ketua TP-PKK Hanita Firsada, turut memberikan sosialisasi tentang manfaat imunisasi polio dan peran penting ibu-ibu dalam mendukung program imunisasi untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut.

"Dengan pengetahuan yang diberikan, diharapkan kesadaran masyarakat terhadap perlunya imunisasi polio akan semakin meningkat," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, Majril, juga menyambut baik partisipasi aktif yang ditunjukkan oleh Pj Bupati dan Pj Ketua TP-PKK Tubaba dalam kegiatan imunisasi polio.

"Langkah ini diharapkan dapat menjadi contoh positif bagi daerah lain dalam menjalankan program imunisasi secara efektif dan menyeluruh," ujar Majril.

Saya berharap, kegiatan Pekan Imunisasi Nasional Polio ini, cakupan imunisasi polio di Kabupaten Tubaba dapat meningkat secara signifikan dan mencapai target yang telah ditetapkan. "Imunisasi polio yang dilakukan secara berkala dan merata di seluruh wilayah dan merupakan langkah proaktif dalam melindungi masyarakat dari penularan penyakit polio," katanya.

Majril menambahkan, bahwa komitmen dan dukungan penuh dari pemerintah daerah serta partisipasi aktif masyarakat sangat diperlukan dalam memastikan keberhasilan program imunisasi polio ini.

"Melalui upaya bersama, masyarakat Tubaba diharapkan dapat terhindar dari penyebaran penyakit polio dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan seluruh warga," pungkasnya.

Dalam pelaksanaan imunisasi tersebut dilakukan secara bertahap, yakni tahap pertama di Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Lokasi imunisasi pertama yang dikunjungi Pj Bupati dan Pj Ketua TP-PKK di sekolah PAUD Sehati kemudian pukul 08.00 WIB. Dilanjutkan di SDN 36 Panaragan Jaya pukul 08.15 WIB, dan yang terakhir di Posyandu Tiyuh PJI pukul 08.30 WIB.

(Rohman).

Berita Terkini