Viral Susu UHT Tidak Dingin, Apa Benar Harus di Dalam Kulkas?

Rabu, 10 Juli 2024 13:11
pinterest

HELOINDONESIA.COM - Sebuah video viral di media sosial seorang ibu yang mengamuk karena susu UHT yang dibelinya di minimarket tidak dingin. 

Kejadian viral itu lalu menimbulkan banyak perbincangan seputar susu UHT, bahkan timbul pertanyaan apakah susu UHT harus disimpan di kulkas?

Susu UHT atau Ultra High Temperature adalah susu yang diproses dengan metode suhu tinggi, berkisar 135-150 derajat celsius. Proses pemanasan itu dilakukan dalam waktu singkat yaitu sekira 2-5 detik, bertujuan untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme lain yang terdapat di dalam susu.

Dengan metode pemanasan tersebut, susu UHT tidak mengalami banyak pengurangan kandungan air, rasanya murni rasa susu. Terpenting, umur simpannya bisa lebih panjang daripada susu yang diproses menggunakan metode lainnya.

Susu yang telah melewati proses UHT nantinya dikemas dalam wadah yang sudah disterilkan atau lebih dikenal sebagai kemasan aseptik. Kemasan ini dapat membantu menjaga kesegaran susu UHT bertahan lebih lama tanpa bahan pengawet.

Dalam kondisi seperti itu, susu UHT tidak harus disimpan di kulkas dalam waktu yang cukup lama. Rentang waktu tersebut tergantung pada masing-masing mereknya. Jadi susu UHT tidak apa tidak disimpan di dalam kulkas selagi susu masih tersegel dengan baik.

Namun, seperti dikutip laman Undeniably Diary, setelah wadah susu UHT dibuka, maka harus disimpan di kulkas, sebab dengan dibukanya wadah penyimpanan tersebut, susu UHT akan memiliki masa simpan yang sama dengan susu lainnya yaitu dalam kurun waktu tujuh hingga sepuluh hari.

Berita Terkini