Jerawat di Leher, Ini Upaya Buat Mengatasinya

Rabu, 26 April 2023 21:15
Sejumlah faktor menjadi pemicu jerawat di leher.

HELOINDONESIA.COM - Jerawat bisa saja muncul di leher.

Ada sejumlah faktor yang menjadi pemicunya. Mulai dari ketidakseimbangan hormon hingga hal yang sederhana. Seperti tidak menggunakan sabun yang cukup untuk membersihkan leher saat mandi.

Pakar Dermatologi asal India Vandana Punjabi menyebutkan jerawat di leher lebih sering terjadi pada perempuan. Hal ini berkaitan dengan gangguan hormon pada wanita usia subur atau PCOS, tiroid, atau resistensi insulin.

?Jerawat leher lebih sering terjadi pada wanita. Seringkali jerawat di wajah bagian bawah meluas ke leher. Jerawat ini berhubungan dengan PCOS, tiroid, atau resistensi insulin,? ucapnya seperti dikutip dari Indian Express.

Vandana Punjabi menjelaskan jerawat di leher dapat diatasi dengan obat topikal. Namun jika jerawat di leher terlalu banyak maka perlu diberikan antibiotik. 

Dia juga menyarankan mereka yang kelebihan berat badan dengan PCOS untuk menurunkan berat badan guna membantu mengurangi gejala.

Jerawat di leher terjadi akibat produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat, bakteri, dan peradangan menurut Harvard Health Publishing. 

Sebaiknya menghindari produk yang mengandung banyak minyak dan jangan pernah tidur dengan riasan agar ini tak terjadi jerawat di leher.

Selalu bilas leher saat membilas wajah misalnya sebelum tidur. Lalu periksa label saat membeli produk dan carilah yang tidak menyumbat pori-pori.

Guna mencegah jerawat salah satunya dengan memperhatikan kesehatan usus menurut Pakar Nutrisi Karishma Shah.

Dia menuturkan,"Kesehatan usus anda berhubungan langsung dengan jerawat di wajah dan leher anda. Tetapi anak perempuan, terutama dengan masalah hormon dan resistensi insulin, akan menunjukkan banyak jerawat di leher mereka.?

Bila seseorang ingin mengatasi jerawat leher maka sebaiknya memperhatikan kesehatan ususnya. Misalnya dengan mengonsumsi makanan anti inflamasi dan makanan yang mengurangi kadar androgen dalam tubuh.

Konsumsi terlalu banyak produk susu terbukti meningkatkan kadar androgen dalam tubuh. 

Bila mengonsumsi banyak gula maka akan menyebabkan kesehatan usus menjadi sangat buruk dan meningkatkan jerawat.

?Jika anda mengetahui bahwa anda resisten terhadap insulin, terapkan diet anda dan bicarakan dengan dokter. Merawat hal-hal tersebut otomatis akan mengurangi jerawat leher,? demikian ungkap para pakar kesehatan. ***

Berita Terkini