bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Disbunak Pesawaran Terima 8000 Dosis Vaksin LSD untuk Sapi

Nabila Putri - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 16 Juni 2023 15:14
    Bagikan  
Kepala Disbunak Pesawaran Dedi Novriansyah/Foto: Rama

Kepala Disbunak Pesawaran Dedi Novriansyah/Foto: Rama -

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -  Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disbunak) Kabupaten Pesawaran, kembali menerima ribuan dosis vaksin Lumpy Skin Disease (LSD).

Kepala Disbunak Pesawaran Dedi Novriansyah mengatakan, untuk vaksinasi tahap kedua ini pihaknya menerima 8.000 dosis untuk 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Peswaran.

“Kita sudah mengambil vaksinnya, rencananya akan kita segera lakukan vaksinasi pada hewan ternak, jenis sapi yang belum terkena penyakit LSD di Kabupaten Pesawaran,” kata Dedi, Jumat (16/6/2023).

Dikatakan, saat ini teman-teman petugas di lapangan tengah melakukan pendataaan terkait jumlah sapi yang akan divaksin LSD ini.

“Rencananya, vaksin kedua ini kita peruntukan untuk tiga Puskeswan yang ada, 3500 dosis kita bagi di wilayah kerja Puskeswan Negerikaton untuk di Kecamatan Negerikaton, Kecamatan Gedongtataan dan juga Kecamatan Waylima. Kemudian untuk Puskeswan Tegineneng sebanyak 4000 dosis vaksin dibagi untuk Kecamatan Tegineneng, Kedondong dan juga Waykhilau,” ujarnya.

“Sementara 500 dosis lagi, untuk wilayah kerja Puskeswan Wayratai, dibagi untuk Kecamatan Telukpandan, Padangcermin, Way Ratai, kemudian Margapunduh dan Punduhpedada,” kata dia.

Kemudian, pelaksanaan vaksinasi ini direncanakan akan rampung sebelum pelaksanaan Lebaran Idul Adha yang jatuh pada akhir bulan ini.

“Kita mengusahakan sebelum akhir bulan ini, pelaksanaan vaksinasi telah rampung kita langsungkan, sehingga di Pesawaran tidak ada penyebaran virus LSD,” pungkasnya. (Rama)