Helo Indonesia

Jelang Idul Adha, Disnakeswan Tubaba Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Nabila Putri - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 16 Juni 2023 10:53
    Bagikan  
(Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

(Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung) - Kabid Disnakeswan, Sanjaya

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung gencar melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang ada di Kabupaten setempat.

Hal itu diutarakan Kepala Disnakeswan, Nazaruddin, diwakili Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Kesmavet , Pengolahan dan Pemasaran, Sanjaya, kepada Helo Indonesia Lampung, Jumat (17/06/2023).

"Jelang Hari Raya Idul Adha ini, kita sudah membuat surat perintah tugas, kepada tim kesehatan yang ada di lapangan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban sebelum dilakukan penyembelihan yang mana diusahakan H-14 menjelang lebarang semua hewan kurban sudah mulai kita cek kesehatan nya,"kata dia.

Pemeriksaan ini, jelas nya, dilakukan terhadap hewan kurban seperti sapi dan kambing yang akan disembelih pada perayaan Hari Raya Idul Adha mendatang.

"Untuk pemeriksaan dilakukan oleh Tim pemeriksaan kesehatan hewan kurban Disnakeswan dengan jumlah petugas kesehatan yang ada di lapangan berjumlah 21 orang," katanya.

Kata Sanjaya, usai dilakukan pemeriksaan, Tim Disnakeswan akan memberikan surat keterangan terhadap hewan. Bahwa hewan tersebut layak kurban. Sebagai tanda hewan kurban telah diperiksa dan sehat.

Selanjutnya, Sanjaya mengungkapkan, pada saat pemotongan hewan kurban nanti petugas tim pemeriksaan kesehatan hewan kurban akan melakukan pengawasan penyembelihan hewan kurban dengan pemeriksaan Antemortem dan Postmortem.

"Tim kesehatan akan melakukan pengawasan di lokasi penyembelihan hewan tersebut," terangnya.

Namun, jelas dia, karena tim kita sedikit, sebelumnya kita sudah memberitahu kepada takmir Masjid, bila terdapat ada ciri-ciri hewan kurban yang terjangkit penyakit, segera melaporkan ke petugas. (Rohman)