bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Punya Masalah Sulit Tidur? 5 Rekomendasi Obat dari Para Ahli Berikut Ini Mungkin Bisa Membantu

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 2 Juni 2023 22:33
    Bagikan  
ilustrasi
ist

ilustrasi - 5 daftar obat insomnia yang direkomendasikan para ahli.

HELOINDONESIA.COM - Insomnia adalah gangguan tidur umum yang membuat Anda tidak bisa tidur atau tertidur dalam jangka waktu yang cukup lama. Karena tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental kita, penting untuk menangani gangguan ini secara efisien. Tetapi para ahli kesehatan memperingatkan terhadap obat tidur karena banyak efek sampingnya dan potensi kecanduannya. Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk akhirnya mendapatkan tidur malam yang nyenyak? Untuk itu, StudyFinds meneliti solusi terbaik untuk menangani insomnia.

Anda mungkin sudah bisa menebaknya: Kurang tidur berdampak buruk bagi Anda. Peneliti Kanada melaporkan bahwa orang dewasa yang lebih tua dengan insomnia lebih mungkin mengalami penurunan memori, serta gangguan kognitif jangka panjang yang lebih serius seperti demensia.

"Kami menemukan bahwa insomnia secara khusus terkait dengan kinerja ingatan yang lebih buruk dibandingkan dengan mereka yang memiliki beberapa gejala insomnia saja atau tidak memiliki masalah tidur sama sekali," kata salah satu penulis studi utama, Nathan Cross, rekan pascadoktoral di Lab Tidur, Kognisi, dan Neuroimaging di Universitas Concordia.

Apakah insomnia terjadi di keluarga Anda? Menurut sebuah penelitian di Swedia, predisposisi genetik terhadap insomnia terkait dengan peningkatan risiko penyakit arteri koroner, stroke, dan gagal jantung. Ini sangat memprihatinkan karena diperkirakan 30 persen populasi umum berurusan dengan kondisi tidur secara teratur. Untungnya, insomnia bisa — dan seharusnya! - diperlakukan.

“Sangat penting untuk mengidentifikasi alasan yang mendasari insomnia dan mengobatinya. Tidur adalah perilaku yang dapat diubah oleh kebiasaan baru dan manajemen stres,” komentar Dr. Susanna Larsson, penulis utama studi dan seorang profesor di Institut Karolinska di Swedia, dalam siaran pers.

Kebiasaan yang membantu Anda tidur lebih nyenyak antara lain relaksasi aktif dengan yoga atau meditasi, serta membatasi penggunaan smartphone sebelum tidur. Untuk menemukan solusi terbaik untuk insomnia, StudyFinds meninjau sepuluh situs web ahli dan membuat daftar lima teratas berdasarkan temuan kami.

Daftar Obat Terbaik Untuk Insomnia Menurut Pakar Kesehatan

1. Melatonin

Obat tidur yang dijual bebas adalah obat insomnia yang paling direkomendasikan. Melatonin memberi tahu otak Anda bahwa ini adalah waktu mengantuk.

“Suplemen diet cair atau kapsul melatonin dapat membantu penderita insomnia tertidur lebih cepat. Melatonin juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Ini mungkin paling berguna untuk pekerja shift, orang yang mengalami jet lag, atau orang dengan gangguan tidur,” jelas Medical News Today. Tentu saja, seperti semua suplemen, "siapa pun yang berpikir untuk mengonsumsi melatonin harus berbicara dengan dokter mereka tentang dosis terbaik untuk dikonsumsi, berapa lama untuk meminumnya, dan apakah aman untuk dikonsumsi."

2. Teh Chamomile

Ini adalah obat yang lembut dengan sedikit kemungkinan efek samping. “Salah satu pengobatan paling populer untuk insomnia adalah minum susu hangat atau teh chamomile sebelum tidur. Keduanya diyakini memiliki efek pada otak yang membuat Anda lebih mudah tertidur,” tulis WebMD.

3. Olahraga Ringan

Menurut Medical News Today, “olahraga teratur akan meningkatkan kesejahteraan, suasana hati, dan tingkat kebugaran dan bahkan dapat membantu orang mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. Uji coba tahun 2015 oleh European Sleep Research Society menemukan bahwa 150 menit olahraga seminggu secara signifikan meningkatkan gejala insomnia bagi peserta dan mengurangi depresi dan kecemasan, yang berdampak pada tidur.

“Melakukan aktivitas fisik sehari-hari adalah salah satu solusi terbaik untuk insomnia. Olahraga baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan — dan meningkatkan kualitas tidur Anda,” tulis WebMD. Namun, “saat olahraga melepaskan endorfin yang membuat Anda merasa terjaga dan berenergi, cobalah berolahraga lebih awal di hari itu. Anda harus menghindari berolahraga dalam waktu dua jam sebelum tidur.”

4. Kebersihan Tidur yang Baik

Menurut WebMD, mempraktikkan kebersihan tidur dan kebiasaan tidur yang baik dapat membantu Anda mengatasi insomnia. Ini berarti Anda harus mencoba untuk tetap pada jadwal tidur yang teratur setiap hari. Tetapkan waktu tidur yang teratur dan waktu bangun yang teratur agar tubuh Anda terbiasa tidur pada jam-jam tersebut. Anda juga harus menghindari tidur siang sepanjang hari. Dengan cara ini Anda akan lebih lelah ketika datang ke waktu tidur malam Anda.

5. Akar Valerian

Seperti kamomil, obat alami ini sering direkomendasikan oleh para ahli, meski dukungan ilmiahnya kurang. “Valerian root (Valeriana officinalis) diperkirakan memengaruhi kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) — bahan kimia penenang di otak,” jelas Verywell Health tentang popularitas obat tersebut.