Helo Indonesia

Jangan Salah, Begini Cara Menyimpan Jahe Biar Tahan Lama dan Awet Harumnya

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Rabu, 31 Mei 2023 12:01
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - Cara menyimpan jahe agar tahan lama.

HELOINDONESIA.COM - Selain kerap digunakan dalam bumbu masakan, jahe juga kerap digunakan karena berbagai manfaat kesehatan dan telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad. Banyak orang menyebutnya akar jahe, tetapi kenyataannya, jahe sebenarnya bukan akar. Yah, jahe sebenarnya adalah batang bawah tanah dari tanaman berbunga.

Di toko kelontong hingga tukang sayur, jahe segar biasanya banyak ditemukan. Namun banyak juga produk olahan jahe seperti serbuk atau jahe yang sudah dicincang. Jenis jahe seperti ini adalah pilihan yang lebih ekonomis dan rasanya juga lebih kuat! Namun produk-produk jadi itu sering kali memiliki bahan tambahan.

Cara terbaik mendapatkan manfaat jahe yang berkualitas tentu saja dengan mengolahnya sendiri. Caranya, pertama-tama carilah jahe dengan kulit luar yang halus dan pastikan untuk memeriksanya dengan saksama untuk memastikan tidak ada jamur pada potongannya. Jika Anda tidak mengolahnya setiap hari, mungkin perlu waktu untuk menghabiskan stok jahe yang baru anda beli. Tetapi jangan khawatir, bila disimpan dengan benar, jahe dapat bertahan sebulan atau bahkan lebih lama. Teruslah membaca untuk semua yang perlu Anda ketahui tentang cara menjaga jahe tetap segar!

Bagaimana cara terbaik untuk menyimpan jahe segar?

Kantong plastik zip-up dan laci di lemari es Anda adalah semua yang Anda butuhkan untuk menjaga rimpang jahe yang belum dikupas tetap segar dan harum untuk beberapa waktu. Saat Anda pulang dari supermarket, cukup pindahkan jahe ke kantong plastik yang dapat ditutup kembali, keluarkan udara sebanyak mungkin, dan masukkan ke dalam laci. Semudah itu! Jika Anda terlalu bersemangat mengupas jahe untuk resep, bungkus saja jahe yang sudah dikupas dengan bungkus plastik dan simpan di lemari es. Ini akan tetap awet selama sekitar satu minggu. Demikian pula, jahe cincang dapat disimpan dalam toples di lemari es selama sekitar satu minggu.

Apakah jahe yang belum dikupas perlu didinginkan?

Tidak harus begitu, tapi jika ingin tetap segar selama mungkin, sebaiknya simpan jahe di lemari es. Disimpan di meja Anda di tempat yang sejuk dan gelap, sebongkah jahe yang belum dikupas akan bertahan sekitar 10 hari, tetapi disimpan di lemari es, bisa bertahan lebih dari sebulan.

Bisakah Anda membekukan jahe utuh?

Ya! Cukup cuci dan keringkan jahe, masukkan ke dalam kantong pembeku atau wadah lain yang aman untuk pembeku, dan simpan di dalam pembeku. Ini akan berlangsung sekitar lima bulan. Saat Anda siap menggunakannya, Anda bahkan tidak perlu mencairkannya; potong atau parut saja dari beku! Anda juga bisa membekukan jahe cincang di dalam kantong pembeku sehingga siap digunakan kapan saja.