Helo Indonesia

Pendonor Darah Minim, PMI Pesawaran Studi Banding ke Bali

Nabila Putri - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 26 Mei 2023 14:02
    Bagikan  
(Foto PMI/Rama/Helo Indonesia Lampung)

(Foto PMI/Rama/Helo Indonesia Lampung) - PMI Pesawaran saat belajar bagaimana meningkatkan pendonor darah ke Tabanan, Bali

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Guna meningkatkan pengetahuan tentang permasalahan minimnya jumlah pendonor darah sukarela. Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten melakukan studi komparatif ke PMI Kabupaten Tabanan Provinsi Bali.

Ketua PMI Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi mengatakan, kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk saling berinteraksi dan membahas berbagai permasalahan sekaligus merumuskan cara penyelesaian hal-hal yang berkaitan dengan PMI.

"Jujur saja, kami pengurus PMI, kerap dihadapkan pada sejumlah persoalan, salah satu yang sering timbul adalah belum terpenuhinya stok darah karena minimnya jumlah pendonor darah sukarela, untuk itu kami datang pada hari ini ingin mencari tahu bagaimana PMI Tabanan menggerakan masyarakatnya untuk mengikuti kegiatan donor darah," kata Nanda, saat diterima Bupati dan Ketua PMI Tabanan di Pemkab setempat, Jumat (26/5/2023).

Dikatakan, dalam mengatasi persoalan tersebut diperlukan upaya keras dari seluruh pengurus, anggota serta relawan PMI dalam meyakinkan masyarakat luas tentang arti pentingnya semangat kesetiakawanan sosial.

"Kita sedang berupaya membangun menset masyarakat, akan pentingnya melakukan donor darah bagi kesehatan diri sendiri dan juga dengan donor darah kita bisa menolong orang lain, karena setetes darah yang kita berikan dapat menyelamatkan banyak nyawa," ujarnya.

Menurutnya, studi komparatif yang mereka lakukan pada hari ini, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan PMI Pesawaran kepada masyarakat, pengembangan sumber daya dan unit usaha untuk pengembangan PMI.

"Kemudian kami juga ingin mengetahui secara langsung pola pembinaan yang dilakukan PMI Tabanan kepada PMR dan relawan yang ada, serta inovasi lainnya dari PMI Kabupaten Tabanan yang dapat kami adopsi ke Kabupaten Pesawaran," pungkasnya. (Rama)