bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Kaya Potensi Jamu dan Kuliner Tradisional, Jateng Kembangkan Wellness Tourism

2 jam 29 menit lalu
    Bagikan  
Kaya Potensi Jamu dan Kuliner Tradisional, Jateng Kembangkan Wellness Tourism

Kepala Disporapar Jateng Agung Hariyadi saat menyampaikan gagasan tentang potensi jamu dan kuliner untuk wisata sehat. Foto: jatengprov.go.id

SALATIGA, HELOINDONESIA.COM - Spirit Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Tengah tahun 2024 menjalar kepada jamu dan kuliner tradisional yang selama ini menjadi potensi dan kekhasan.

Pada salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi, digelae Bincang Pariwisata Jamu dan Kuliner Tradisional sebagai Fondasi Wellness Tourism di Jawa Tengah, di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Senin 19 Agustus 2024.

Baca juga: Tujuh Fraksi DPRD Kendal Telah Terbentuk, Tiga Parpol Begabung dengan Parpol Lain

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng Agung Hariyadi, menyampaikan, Jateng sangat kaya akan kuliner serta varian jamu di seluruh daerah di Jateng. Maka, potensi itu harus dikelola. Lantaran, jamu tumbuh secara parsial atau dengan sendirinya.

“Nah, Pemerintah punya peran produk jamu bisa berkontribusi terhadap perekonomian yang dikemas melalui teman-tema wisata, dalam hal ini tema wellness tourism atau tema wisata sehat,” kata Agung, di lokasi kegiatan.

Menurutnya, untuk wisata sehat di objek wisata, terdapat jamu dan kuliner sehat yang secara rasa enak serta sehat. Saat ini di Jateng, Surakarta menjadi proyek percontohan dari wisata sehat yang dipilih pemerintah pusat. Kemudian ada juga di Tegal, Brebes, Purwokerto, dan lainnya.

“Di sana juga ada wisata alam, yang itu juga memberikan dampak terhadap kesehatan maupun kebugaran,” ujar Agung.

Kembangkan Jamu

Pihaknya ingin mengembangkan jamu dan kuliner tradisional, salah satunya, dengan kemasan yang menarik. Pihaknya juga terus menyosialisasikan, jamu adalah produk herbal yang menyehatkan.

“Jamu tumbuh di sekitar kita. Sesuatu yang bermanfaat jadi bagian dari upaya kita, bisa memberikan dampak positif pada masyarakat,” imbuhnya.

Baca juga: Ketua BKBH USM Sebut Penyelesaian Sengketa Harta Bersama Butuh Proses Panjang

Pihaknya berharap pelaku usaha jamu melihat respons pasar, termasuk menghilangkan paradigma jamu dengan meyakinkan, jika jamu itu sehat dan aman.

“Kewajiban kita para pegiat pelaku usaha jamu, untuk meyakinkan konsumen bahwa jamu itu sehat, jamu itu aman. Itu yang harus disampaikan ke konsumen. Supaya sehat dan aman, perlu dilakukan pengujian, sertifikasi,” harap Agung.

Sementara, peran pariwisatanya adalah menjadikan jamu sebagai paket wisata. Ketika nanti di satu tempat, misalnya di Solo yang terdapat sentra pengolahan jamu, nanti akan dikemas jadi satu atraksi.

“Tamu datang diawali minum jamu, nanti tamu bisa langsung praktik ikut membuat jamu. Setelah itu dirasakan sendiri, dikonsumsi. Bisa jadi oleh-oleh,” ungkapnya.

Baca juga: Mirna Annisa Silaturahmi ke PKS Jelang Pilkada Kendal, Koalisi Bertambah?

Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Jamu Jawa Tengah, Stefanus Handoyo mengatakan, jamu tradisional harus dikembangkan menjadi jamu modern, seperti yang dijajakan di kafe.

“Kita akan berusaha lagi. Sejak pandemi, industri baru bangkit tahun 2023,” ujarnya.

Narasumber lain, Instruktur LKP Boga Jepara Culinary School Muhammad Rozikin, mengatakan, supaya bisa lebih modern, pengemasan jamu harus diperhatikan, Selain itu memaksimalkan promosi melalui media sosial. (Aji)