Helo Indonesia

Jika Tak Gunakan Skincare, Ini 5 Cara Merawat Kulit Agar Tetap Bersinar

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 23 Mei 2023 16:51
    Bagikan  
PERAWATAN
dokumen

PERAWATAN - Perawatan kulit

HELOINDONESIA.COM - Bagaimana caranya agar kulit kita tetap terawat, tetapi tidak menggunakan skincare? Tentu saja bisa. Tanpa skincare pun tubuh atau kulit kita bisa tetap terjaga.

Begini, ada 5 cara yang efektif untuk merawat kulit.

1. Minum Air Putih
Dengan minum cukup air putih agar kulit selalu terhidrasi. Kulit yang terhidrasi akan terasa lembab, kenyal, dan bersih. Sebaliknya jika kekurangan cairan akan menyebabkan sel dehidrasi sehingga kulit menjadi kering.

2. Konsumsi Buah dan Sayur
Makanan sehat seperti buah dan sayur, mengandung banyak nutrisi yang dapat menjaga kesehatan kulit. Sebagai contoh, vitamin C pada jeruk, stroberi, dan brokoli dipercaya mampu mencegah munculnya kerutan di kulit.

3. Berolahraga
Selain baik bagi kesehatan tubuh, berolahraga secara rutin juga baik untuk kesehatan kulit. Adanya aktivitas fisik saat berolahraga akan meningkatkan sirkulasi darah. Darah akan membawa oksigen serta nutrisi menuju berbagai sel dalam tubuh termasuk kulit, sehingga kulit menjadi sehat. Berolahraga juga mengurangi produksi hormon stress yang dapat memicu timbulnya jerawat.

4. Tidur Cukup
Cara berikutnya adalah dengan tidur cukup. Tidurlah setidaknya 7-8 jam sehari untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Ketika tubuh mendapat waktu tidur yang cukup, maka tubuh akan memproduksi  kolagen atau zat protein yang akan membuat kulit terasa halus dan kenyal. Sebaliknya jika tubuh kurang tidur akan memproduksi hormon kortisol yang akan merusak kolagen sehingga kulit menjadi kusam dan muncul lingkar hitam di bawah mata.

5. Mengonsumsi Suplemen
Mengonsumsi suplemen untuk membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan kulit. Sudah banyak tersedia berbagai suplemen perawatan kulit dari dalam yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin yang dibutuhkan untuk kulit seperti vitamin C, E, kolagen, dan lainnya dikemas dalam bentuk kapsul, tablet, atau minuman.  (Melati- mahasiswi tinggal di Yogya) ***