bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Awas, Bungkus Makanan Panas Pakai Plastik Bisa Sebabkan Kanker Payudara !

2 jam 24 menit lalu
    Bagikan  
Foto
Instagram say.kesehatan

Foto - makanan dibungkus plastik, kanker payudara

HELOINDONESIA.COM - Saat membeli makanan biasanya kalian akan dibungkus dengan plastik kan ? ada juga memang yang membungkus makanan dengan box makanan tetapi rata-rata agar lebih praktis para penjual makanan siap makan biasanya menjual dan memasukan makanannya ke plastik bening kan.

Ternyata hal tersebut bisa membahayakan loh, apalagi kala memasukan makanan yang masih panas apa lagi berkuah langsung ke plastik.

Hal tersebut memang sudah menjadi habit masyarakat indonesia dan seharusnya sudah dihindari, Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kasus kanker payudara di Indonesia mencapai 58.256 kasus pada 2018. Ini merupakan kasus kanker terbanyak sebelum kanker serviks yang mencapai 32.469 kasus.

Baca juga: Rahasia Makan 4 Buah Ini Secara Rutin, Bisa Bakar Lemak Hingga Memperkuat Imun Tubuh !

Kepala pusat kanker payudara di Rumah Sakit Memorial Shin Kong Wu Ho-Su, Zheng, kebiasaan membeli makanan panas kemudian dibungkus ke kantong plastik merupakan salah satu kemungkinan penyebab kanker payudara.

Panas dari makanan di kantong plastik dapat menyebabkan pelepasan bahan kimia berbahaya. Kemudian bahan kimia tersebut terserap ke dalam makanan yang kita konsumsi.

Dilansir World of Buzz, salah satu bahan kimia berbahaya adalah Bisphenol A (BPA).

BPA merupakan estrogen sintetik yang dapat menganggu hormon tubuh dan membuat hormon-reseptor-positif kanker payudara berkembang dan tumbuh dalam tingkat paparan tertentu.

Baca juga: Rekomendasi 3 Makanan yang Bisa Buat Mood dan Semangat Kembali Pulih

Berbagai penelitian telah dilakukan mengenai hal ini, tetapi penelitian ini tidak konklusif karena beberapa penelitian megatakan BPA dapat menyebabkan kanker payudara. Sedangkan penelitian lain mengatakan BPA bukanlah karsinogen. .

 Namun, terlepas dari ini, Zheng mengimbau untuk lebih berhati-hati dalam mencampurkan plastik dengan makanan panas. Oleh karenanya, lebih baik membawa wadah sendiri saat membeli makanan.

Tak hanya itu, Zhen juga menyarankan masyarakat untuk selalu melakukan pemeriksaan payudara setiap bulan dan melakukan mammogram rutin setiap tahun.

Jadi harus dihindarinya, untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan terjadi. 

Baca juga: Viral ! Tepuk-tepuk Pantat Domba yang Kenyal, Lembut dan Gemoy Diklaim Bisa Hilangkan Stres