Helo Indonesia

Jaga Anak dari Polio, Benyamin Ingatkan Orang Tua Terkait Imunisasi di Hari Anak

M Ridwan - Ragam -> Kesehatan
Rabu, 24 Juli 2024 05:42
    Bagikan  
Imunisasi,
Ist

Imunisasi, - Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

HELOINDONESIA.COM - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menegaskan komitmen pemerintah kota untuk melindungi anak-anak dari polio dengan meluncurkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

Program vaksinasi gratis ini menargetkan 156 ribu anak berusia 0-7 tahun, dimulai pada Selasa (23/07/2024) hingga Agustus 2024, sesuai dengan penjadwalan yang telah diatur.

"Bersamaan dengan perayaan Hari Anak, kami ingin mengajak seluruh orangtua untuk memanfaatkan kesempatan ini dan membawa anak-anak mereka mendapatkan vaksin polio gratis," ujar Benyamin saat membuka resmi acara PIN Polio di Posko Gedung Graha Widya Bakti, Aula Puspitek Muncul, Selasa (23/07/2024).

Baca juga: Kejaksaan Agung Periksa Saksi Terkait Kasus Impor Gula PT SMIP

"Ini merupakan langkah preventif untuk memastikan bahwa anak-anak kita terlindungi dari virus polio," tambahnya.

Dalam pelaksanaannya, anak-anak dalam rentang usia 0-7 tahun, akan diberikan dua tetes vaksin polio.

Benyamin mengajak seluruh orangtua untuk bekerjasama dalam optimasi pelayanan kesehatan PIN Polio ini. Selain itu, tim kesehatan yang bertugas juga diminta untuk menjaring anak-anak yang sesuai kategori mulai dari sekolah-sekolah dari PAUD hingga TK.

Baca juga: 6 Orang Saksi Terkait Perkara Komoditi Emas Diperiksa Kejaksaan Agung 

"Hari ini kick off (target anak yang diimunisasi polio) satu harinya ada 22.000 anak," ujarnya.

Kendati terkesan menarget ratusan ribu anak-anak 0-7 tahun ikut PIN Polio, Benyamin pun memastikan bahwa sampai hari ini tidak ada kasus terjangkiti polio di Tangsel.

"Saya ingin pastikan laporan dari dinas kesehatan bahwa sampai hari ini tidak ada kasus anak terjangkit polio di Tangsel," kata dia.

Baca juga: Gelar Pelatihan Video Kreatif, Benyamin: Wujudkan SDM Tangsel yang Unggul di Era Digital

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar menambahkan, saat ini imunisasi dilakukan secara serentak di 27 provinsi, menargetkan anak-anak tanpa memandang status imunisasi mereka.

"Di Tangsel sendiri, kami memiliki 2.295 posko vaksinasi, termasuk di 849 Posyandu, 21 rumah sakit, dan 35 Puskesmas," jelas Allin.

Untuk mengoptimalkan penggunaan vaksin, satu vial digunakan untuk 50 dosis. Tenaga kesehatan yang terlibat mencapai ribuan orang, tersebar di berbagai fasilitas kesehatan.

Baca juga: Bertindak Insubordinasi, Ketua Bidang Organisasi Pengurus Pusat PWI Zulmansyah Sekedang Dipecat!

Program ini juga didukung dengan sosialisasi yang masif, baik melalui Posyandu, kampanye kesehatan keliling, maupun media sosial. Tangsel saat ini memimpin Banten dalam capaian imunisasi rutin, dengan 165 ribu anak telah divaksinasi.

"Kami ingin memastikan setiap anak mendapatkan hak mereka atas kesehatan," kata Allin.

Seluruh masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan layanan vaksinasi ini untuk melindungi generasi mendatang dan merayakan Hari Anak Nasional dengan cara yang bermakna.