bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Empat Ekor Sapi di Tubaba Terjangkit LSD, Tujuh Ekor Lainnya Masih Gejala

Rabu, 17 Mei 2023 11:45
    Bagikan  
Kabid Disnakeswan Tubaba, Sanjaya
Kabid Disnakeswan Tubaba, Sanjaya (Foto Rohman/Hel

Kabid Disnakeswan Tubaba, Sanjaya - Kabid Disnakeswan Tubaba, (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, mencatat ada Empat ekor Sapi yang positif terjangkit penyakit Lumpy Skin Disease (LSD).

Kepada Helo Indonesia Lampung, Rabu (17/05/2023), Kepala Disnakeswan Tubaba, Nazaruddin, diwakili Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Kesmavet , Pengolahan dan Pemasaran, Sanjaya, mengungkapkan hal tersebut.

"Berdasarkan temuan di lapangan dan sudah dikonfirmasi Laboratorium terdapat empat ekor sapi positif LSD sedangkan
Tujuh ekor diduga memiliki gejala yang sama. Sehingga ada 11 ekor hewan ternak yang sudah kita dilaporkan ke Informasi Sistem Kesehatan Hewan Nasional (ISIKHNAS)," ujarnya.

Lanjut dia, adapun 11 ekor hewan ternak tersebut berlokasi di kandang milik warga Tiyuh (Desa) Daya Murni dan Tiyuh Daya Sakti Kecamatan Tumijajar.

"LSD ini seperti ruam atau bentol bentol yang menyerang hewan ternak berkaki empat, tidak menular kepada manusia, penyebarannya melalui udara,"jelasnya.

Untuk itu, pihaknya telah melakukan langkah pencegahan dengan melakukan pengobatan massal di tiga tiyuh yaitu, Tiyuh Makarti, Gunung Menanti dan Wonokerto pada Bulan April 2023 yang lalu. Selain itu, kita juga telah melakukan Sosialisasi tentang LSD di beberapa tempat secara simultan, KIE tentang bahaya LSD, Pengetatan lalu lintas ternak
dan Biosecurity yang ketat.

Selain melakukan langkah preventif, minggu ini kita akan mendapatkan alokasi vaksin LSD sebanyak 500 dosis dan akan langsung di vaksin kan ke hewan ternak yang masih dalam keadaan sehat supaya mencegah penularan penyakit LSD.

"Penyakit LSD sudah menjadi perhatian pemerintah daerah, karena itu kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat di 9 Kecamatan. Aktivitas pemantauan kita pusatkan di Lima Puskeswan," ungkapnya.

Adapun 5 Puskeswan di wilayah Tubaba yaitu:
1. Puskeswan Pulung Kencana (wilayah kecamatan TBT)
2. Puskeswan margodadi ( wilayah kecamatan TBU dan Tumijajar)
3. Puskeswan mekar sari jaya (wilayah kecamatan Lambunkibang dan pagar dewa)
4. Puskeswan setia bumi (wilayah kecamatan Gunung terang dan batu putih)
5. Puskeswan marga jaya (wilayah kecamatan Gunung Agung dan way kenanga). (Rohman).