Helo Indonesia

Treadmill Pilihan Saat Malas Olahraga Di Luar Ruangan, Ini Manfaatnya

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Minggu, 14 Mei 2023 00:35
    Bagikan  
Ilustrasi
Olahraga

Ilustrasi - Olahraga Menggunakan Sarana Treadmill

HELOINDONESIA.COM - Treadmill menjadi pilihan sarana olahraga bagi anda yang malas keluar rumah atau olahraga di luar ruangan. 

Treadmill sendiri adalah alat yang digunakan untuk olahraga lari atau jalan tanpa harus berpindah tempat. Dengan memakai treadmill anda melakukan olahraga lari atau jalan di tempat. Alat ini memiliki fitur untik mengatur kecepatan dan jarak tempuh yang diinginkan.

Metode ini cocok bagi anda yang ingin melakukan olahraga kardio. Jadi olahraga seperti ini membantu anda membakar kalori dan menyehatkan jantung serta paru-paru. 

Manfaat Treadmill Setiap Hari

Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika anda berolahraga menggunakan treadmil. Manfaat tersebut akan semakin terasa ketika anda melakukannya secara rutin setiap hari.

Treadmill untuk Menurunkan Berat Badan

Salah satu tujuan orang berolahraga menggunakan treadmill karena ingin menurunkan berat badan. Berlari atau jalan di atas treadmill membantu membakar lemak secara cepat dan efektif. Olahraga ini cukup dengan menggerakkan kaki, lutut dan persendian tanpa harus keluar ruangan.

Selain itu, latihan ini membakar kalori lebih cepat daripada latihan aerobik lainnya. Untuk membakar kalori lebih cepat, Anda hanya perlu berlari lebih lama dan lebih cepat di mesin. 

Meningkatkan Kekuatan Otot

Olahraga menggunakan treadmil juga untuk melatih kekuatan otot. Treadmil memang lebih digunakan untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Namun alat ini bisa juga untuk memperkuat otot glutes, paha, dan betis.

Ada banyak otot yang bekerja ketika anda lari atau berjalan di atas treadmil. Misalnya dengan meregangkan betis dan glutes, dapat membantu mengencangkan otot bokong, kaki, dan paha Anda. Selain itu, olahraga ini juga membantu mengencangkan otot perut Anda.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat utama dari olahraga treadmill adalah untuk latihan kardiovaskular, meningkatkan kesehatan jantung. Gerakan lari atau joging di atas treadmil akan mempertahankan detak jantung konstan.

Latihan treadmill adalah latihan aerobik/kardio. Sebuah penelitian menunjukkan latihan aerobik dapat meminimalkan risiko penyakit jantung dan memperkuat otot jantung. Selain itu, olahraga ini juga membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah, mencegah penyumbatan arteri.

Menjaga Kesehatan Mental

Olahraga memakai treadmill tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, namun juga baik untuk kesehatan mental. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang olahraga secara teratur memiliki tingkat depresi yang lebih rendah.

Olahraga di atas treadmil juga mampu meningkatkan suasana hati, sehingga kesehatan mental lebih terjaga. Lari memakai treadmil dapat memicu pelepasan endorfin. Endorfin merupakan reaksi kimia sistem saraf yang menciptakan kebahagiaan. Selain itu, olahraga ini juga meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon norepinefrin dan serotonin.