bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Berikut Beberapa Manfaat Teh Jahe untuk Kesehatan

Rabu, 5 Juni 2024 08:54
    Bagikan  
Teh Jahe
Ilustrasi/Pixabay

Teh Jahe -

HELOINDONESIA.COM - Jahe mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan, selain untuk kesehatan juga sering dipake untuk menambah aroma pedas pada makanan. 

Jahe sudah dipake sejak ribuan tahun lalu oleh orang - orang untuk mengobati penyakit. 

Baca Juga : Berikut Fitur baru dan Harga All New Honda BeAT, Sudah Keyless?

Akar atau batangnya dapat dimakan, karena mampu meredakan berbagai penyakit, seperti pilek, mual, batuk, diabetes, dan radang sendi. 

Jahe dapat di konsumsi dalam berbagai cara dalam pengobatan tradisional, salah satunya teh jahe. 

Teh jahe dapat dibuat di rumah dan memiliki banyak manfaat dilansir dari laman healthline. 

1. Bisa meredakan mual - Beberapa ahli meyakini gingerol dalam jahe dapat membantu meredakan mual karena kondisi hamil, kemoterapi atau pascapembedahan. 

2. Mengatur Tekanan Darah dan Mendukung Kesehatan Jantung - Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe 2 hingga 6 gram per hari dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung. 

3. Menenangkan gejala Mabuk Perjalanan - Pengobatan tradisional menunjukkan bahwa teh jahe dapat membantu menenangkan gejala mabuk perjalanan, seperti pusing, muntah, dan keringat dingin.

4. Mengurangi risiko Nyeri dan Peradangan - Penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam jahe yang disebut gingerol dan shogaol membantu mengurangi risiko peradangan. Orang-orang secara khusus banyak mempelajari jahe karena pengaruhnya dalam menghilangkan rasa sakit akibat osteoartritis lutut. 

5. Melindungi Otak- Para ilmuwan telah mempelajari efek perlindungan jahe terhadap stres oksidatif dan peradangan, yang merupakan dua faktor yang memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit degeneratif otak, seperti penyakit alzheimer.

6. Mengatur Berat Badan dan Kadar Gula Darah - Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe memiliki efek menguntungkan pada berat badan dan pengelolaan gula darah. Efek panas pada jahe yang terasa dari aroma pedasnya, mampu membantu meningkatkan termogenesis atau produksi panas oleh tubuh, sehingga berdampak pada proses pembakaran lemak.