Helo Indonesia

8 Rahasia Tidur Berkualitas yang Menyehatkan

Restiyan Ningsih - Ragam -> Kesehatan
Kamis, 30 Mei 2024 21:16
    Bagikan  
Tidur/ilustrasi
freepik

Tidur/ilustrasi - Bagaimana agar tidur berkualitas?

HELOINDONESIA.COM - Pernahkah kamu merasa sudah lama tidur dan beristirahat, namun tubuh masih saja lelah dan tak segar? Hal itu disebabkan karena tidur kamu yang tidak berkualitas.

Sementara orang lain bisa saja tidur hanya sebentar dari pada kamu, namun tubuhnya merasa lebih segar dan cukup.

Tidur berkulaitas merupakan salah satu hal yang penting untuk kesehatan kita. Apalagi bagi kalian yang memiliki waktu sibuk yang hanya memiliki waktu sebentar untuk beristirahat.

Namun bagaimanakah cara mendapatkan tidur yang berkualitas? Berikut ini trik dan cara yang bisa kamu lakukan!

Baca juga: 17 Tersangka Mengajukan Restorative Justice, Disetujui Jampidum, Berdasarkan Ini, Simak 

1. Tetapkan Jadwal Tidur yang teratur

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memiliki waktu tidur yang teratur dan konsisten. Biasakan tidur di jam yang sama setiap hari dan bangun di jam yang sama.

2. Hindari Elektronik sebelum Tidur

Di jaman yang sekarang ini, elektronik atau ponsel merupakan salah satu benda yang 'wajib'dipegang bahkan sebelum tidur. Padahal Paparan cahaya biru dari layar elektronik seperti ponsel, tablet, atau komputer dapat mengganggu produksi hormon tidur dan membuat Anda sulit tidur, dan mengurangi kualitas tidur.

3. Menciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman, mulai dari temperatur yang sesuai, kebersihan bahkan nuansa yang bisa membuat kamu merasa relaks

4. Lakukan Rutinitas yang menyenangkan sebelum tidur

Lakukan beberapa rutinitas yang menyenangkan sebelum tidur, seperti mendengarkan musik, meditasi dan hal lainya yang bisa membuat kamu merasa senang dan relaks.

Baca juga: Menteri AHY Deklarasikan 14 Kota Lengkap di 7 Provinsi secara Serentak

5. Batasi Konsumsi Kafein dan Alkohol

Kafein dan alkohol dapat mengganggu pola tidur dan membuat Anda sulit tidur. Batasi konsumsi kedua zat ini, terutama pada sore hari, untuk memastikan tidur yang lebih berkualitas.

6. Lakukan Olahraga secara Teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Namun, hindari olahraga yang terlalu intensif di malam hari, karena hal ini dapat meningkatkan tingkat energi dan membuat Anda sulit tidur.

7. Perhatikan Pola Makan Anda

Makanan yang berat atau makan terlalu banyak sebelum tidur dapat membuat Anda tidak nyaman dan sulit tidur. Cobalah untuk makan makanan ringan beberapa jam sebelum tidur, dan hindari makanan yang mengandung kafein atau gula tinggi yang dapat mempengaruhi tidur Anda.

8. Kelola Stres dengan Baik

Stres dan kecemasan dapat menjadi penyebab utama insomnia dan gangguan tidur lainnya. Temukan cara untuk mengelola stres Anda dengan baik, seperti meditasi, yoga, atau terapi, untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Itulah beberapa tips rahasia agar mendapatkan Tidur yang berkualitas.