Helo Indonesia

Berikut Beberapa Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Selasa, 21 Mei 2024 12:43
    Bagikan  
Daun kelor
Ilustrasi/kompas.com

Daun kelor -

HELOINDONESIA.COM - Kelor adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan kondisi panas ekstrim. Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan.Kelor umum digunakan sebagai bahan makanan dan obat di Indonesia.


Apa saja manfaat dari daun kelor?


Berikut 15 manfaat daun kelor dilansir dari dokter sehat :


1. Mengatur Gula Darah
Studi di Mumbai menemukan bahwa konsumsi daun kelor dapat menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan, berkat peningkatan sekresi insulin yang diinduksi oleh obat glibenclamide.


2. Mencegah Kanker
Ekstrak daun kelor mengandung sifat anti-kanker, termasuk niazimicin yang menekan perkembangan sel kanker.
Selain itu, kandungan beta-sitosterol efektif dalam mengobati pembesaran prostat dan mengurangi pertumbuhan sel kanker di prostat dan usus besar. Daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat dalam menyeimbangkan kadar gula darah dan mendukung fungsi kekebalan tubuh.


3. Menyehatkan Mata
Meskipun lebih sering dikaitkan dengan makanan yang kaya vitamin A seperti wortel, daun kelor juga mendukung kesehatan mata. Kandungan antioksidan tinggi dalam daun kelor membantu mencegah gangguan penglihatan dengan menghambat kerusakan pada retina dan kapiler.


4. Menurunkan Kolesterol
Studi menunjukkan bahwa daun kelor memiliki efek penurunan kolesterol, yang mengurangi risiko penyakit jantung.


5. Menyehatkan Pencernaan
Daun kelor membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan dengan mengatasi masalah seperti sembelit, gastritis, dan kolitis ulserativa. Sifat antibakteri dan antiflamasi daun kelor mendukung fungsi pencernaan yang sehat.


6. Menyehatkan Tulang
Kaya akan kalsium dan fosfor, daun kelor sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Sifat anti-inflamasi dari daun kelor juga efektif dalam mengatasi radang sendi dan membantu penyembuhan tulang yang rusak.


7. Mengobati Asma
Daun kelor terbukti bermanfaat dalam mengurangi keparahan serangan asma dan melindungi terhadap penyempitan bronkial, sambil mendukung fungsi paru-paru dan pernapasan secara umum.


8. Mencegah Gangguan Ginjal
Konsumsi ekstrak daun kelor mungkin membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal, kandung kemih, atau rahim. Ini karena kandungan antioksidan tingginya yang dapat membantu mengurangi toksisitas di ginjal.


9. Mengobati Anemia dan Penyakit Sel Sabit
Daun kelor membantu meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh, yang meningkatkan jumlah sel darah merah. Hal ini sangat bermanfaat dalam pengobatan dan pencegahan anemia dan sickle cell disease (SCD) atau penyakit sel sabit


10. Mendukung Fungsi Otak
Daun kelor mendukung fungsi otak dengan meningkatkan mood dan melawan stres oksidatif yang terkait dengan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.


11. Mengurangi Peradangan
Daun kelor mengandung isothiocyanate, senyawa yang efektif dalam mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit kronis.


12. Mencegah Keracunan Arsenik
Penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat melindungi dari efek toksisitas arsenik. Meski begitu, efeknya masih perlu diteliti lebih lanjut.


13. Mengobati Edema
Daun kelor dapat efektif dalam mencegah timbulnya edema berkat sifat anti-inflamasinya.


14. Melindungi Hati
Daun kelor memiliki sifat yang melindungi hati dari kerusakan dan mempercepat pemulihan setelah kerusakan.


15. Melawan Bakteri
Sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba dari ekstrak daun kelor membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh berbagai patogen seperti Salmonella dan E. coli.