Helo Indonesia

Berikut Rekomendasi Buah - Buahan yang Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Jumat, 17 Mei 2024 10:57
    Bagikan  
Berikut Rekomendasi Buah - Buahan yang Baik Untuk Kesehatan Ginjal
Ilustrasi/CNN Indonesia

HELOINDONESIA.COMGinjal adalah salah satu organ vital di dalam tubuh. Pasalnya, ginjal memiliki peran penting dalam menyaring senyawa racun dari darah serta menjaga keseimbangan air di dalam tubuh. Karena itu, setiap individu perlu menjaga kesehatan organ vital ini sebaik mungkin, salah satu caranya dengan mengonsumsi buah yang bagus untuk ginjal. 

Dikutip dari laman kesehatan halodoc.com, apabila terjadi gangguan pada ginjal, maka sisa-sisa metabolisme tubuh dapat menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki, muntah-muntah, sesak napas, dan gangguan tidur. Selain dari itu, juga berpotensi munculnya penyakit ginjal seperti, gagal ginjal, ginjal akut, batu ginjal, infeksi ginjal, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal, dengan cara menjaga pola makan yang sehat dan memperhatikan asupan nutrisi yang tepat. Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan mengonsumsi buah-buahan segar yang dikenal baik untuk kesehatan ginjal.

Berikut beberapa rekomendasi buah yang baik untuk kesehatan ginjal! 

1. Semangka

Buah pertama yang bisa jaga kesehatan ginjal adalah semangka. Buah yang memiliki kandungan air sekitar 92% ini, ternyata dapat menjaga kesehatan ginjal, lho! Disadur dari laman klikdokter.com, tingginya kandungan kalium pada kulit putih semangka, dapat mengendalikan kadar asam pada urine, sehingga membantu meluruhkan batu ginjal secara alami dan mengeluarkan racun pada ginjal.

Merujuk artikel dengan judul "Potensi Sari Buah Semangka Merah (Citrullus vulgaris rubrum) dan Sari Buah Semangka Kuning (Citrullus vulgaris flavum) sebagai Peluruh Batu Ginjal Kalsium Oksalat Secara in Vitro," kandungan kalium yang terdapat dari sari buah semangka merah maupun kuning mampu melarutkan batu ginjal kalsium oksalat. 

2. Nanas

Selanjutnya adalah buah nanas. Buah yang berwarna kuning dengan rasa yang manis ini, dapat menjaga ginjal agar tetap kuat.


Dikutip dari health.grid.id, kandungan bromelain dan serat pada buah ini, berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu memperbaiki fungsi ginjal.

3. Apel

Selain kedua buah di atas, apel juga ternyata dapat menjaga kesehatan ginjal. Buah ini mengandung pektin, serat larut yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol dan gula darah. Kandungan antioksidan dalam apel juga melindungi ginjal dari kerusakan. 


Merangkum laman silomhospital.com, apel juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Kandungan kalium yang rendah pada buah ini, tidak akan membebani kerja organ ginjal yang telah mengalami kerusakan.

Selain itu, kulit buah apel juga kaya akan serat dan senyawa anti inflamasi, sehingga direkomendasikan untuk memakan bersama kulitnya, agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal. 

4. Buah Naga

Buah naga mengandung banyak air dan rendah kalori. Kandungan serat dan antioksidan dalam buah ini membantu menjaga kesehatan ginjal dan mengurangi risiko penyakit ginjal.


Selain dari itu, dilansir oleh laman alodokter.com, kandungan fitoalbumin pada buah naga dapat berfungsi menghilangkan racun logam berat pada tubuh.

5. Stroberi

Terakhir ada buah stroberi. Buah dengan rasa asam segar ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk ginjal. Buah ini juga membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi ginjal.

Tags
Ginjalbuah