bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Menyaingi K-Beauty, C-Beauty Jadi Tren Baru di Dunia Kecantikan

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 10 Mei 2024 13:59
    Bagikan  
pinterest

-

HELOINDONESIA.COM - Estetika riasan barat dan Korea telah mendominasi pasar Asia selama beberapa dekade terakhir, kini merek dan estetika kecantikan China atau C-Beauty tampaknya bersiap untuk mengambil alih.

Selama beberapa waktu belakangan, tren makeup Douyin telah membuat heboh di kalangan beauty enthusiast dunia termasuk Indonesia melalui platform media sosial seperti TikTok. Tren ini diminati karena cocok diaplikasikan ke semua warna kulit dan bentuk wajah. Saking viralnya, tren makeup douyin telah ditonton sebanyak lebih dari 2,9 miliar kali di TikTok.

Ngoc Phungbich, Country CEO of JOY Group Indonesia, mengungkapkan tren douyin makeup yang mendunia ini mempengaruhi industri C-Beauty itu sendiri. 

“Definisi C-beauty adalah merek yang dibuat di China oleh Chineese. Dalam sepuluh tahun terakhir, pasarnya semakin berkembang dan kemajuannya sangat pesat. Pasar kecantikan China telah tumbuh dari US$38,2 miliar pada tahun 2014 menjadi US$110,4 miliar pada tahun 2023, lebih dari 3 kali lipat dalam 10 tahun. Sektor makeup mendorong ekspansi dengan nilai US$23,5 miliar pada tahun 2023,” ujar Ngoc pada editor luncheon di kawasan Jakarta Selatan, (2/5/2024).

Bahkan menurut data Mckinsey terbaru, saat ini China menjadi pasar kecantikan terbesar kedua di dunia. Pasar kecantikan China diperkirakan menghasilkan pendapatan sebesar US$70,36 miliar di tahun 2024.

Gelombang C-beauty ini pun menawarkan produk-produk kecantikan dengan nilai-nilai yang lebih ditingkatkan. Produk-produk kecantikan dari China yang selama ini dikaitkan dengan produk harga terjangkau dan kualitas yang diragukan, kini bertransformasi menghadirkan produk-produk yang lebih kompetitif. 

“Saat ini brand-brand kecantikan di China terus meningkatkan research and development (R&D) mereka untuk menghasilkan produk inovatif yang menyederhanakan rutinitas makeup, sehingga lebih mudah saat digunakan namun memberikan hasil yang maksimal. Hal ini menjadi kekuatan yang mengubah persepsi masyarakat Indonesia mengenai produk C-Beauty menjadi produk yang bukan sekedar ramah di kantong, jika dibandingkan dengan produk kecantikan dari negara-negara Barat, Jepang dan Korea, tetapi juga berkualitas,” lanjutnya.

Masyarakat Indonesia pun turut melirik C-beauty serta inovasi dari produk asal China. Tingginya antusiasme di kalangan masyarakat Indonesia ini membuat JOY Group (Shanghai Juyi Cosmetics Co., Ltd), salah satu perusahaan kecantikan terdepan di Cina yang berbasis di Shanghai, akan secara resmi menghadirkan Judydoll di Tanah Air..

Didirikan pada 2017, Judydoll merupakan salah satu brand kecantikan pertama yang diluncurkan di TikTok Cina dan kini telah memimpin pasar dengan lebih dari 20.000 video TikTok yang diproduksi secara in-house, yang ditonton lebih dari 4,5 miliar kali selama 2023.

Di negara asalnya, Judydoll menjadi brand besar dan ternama yang telah dikenal oleh beauty enthusiast, bahkan menempati posisi ke-2 sebagai brand lokal terpopuler di China.