bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tips Awet Muda dengan Pijat Wajah yang Tepat untuk Mengurangi Kerutan

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Minggu, 5 Mei 2024 11:09
    Bagikan  
Pinterest

-

HELOINDONESIA.COM - Rutinitas perawatan kulit, kebanyakan dari kita terobsesi untuk mempertahankan kilau awet muda. Bagi sebagian orang yang beruntung secara genetik, kerutan mungkin baru muncul di kemudian hari. Namun bagi kebanyakan orang, kerutan muncul di usia akhir 20-an hingga awal 30-an, dan itu bukanlah hal yang memalukan. Kerutan adalah bagian alami dari proses penuaan. 

Mencegah kerutan baru dan mengurangi kerutan yang sudah ada adalah tujuan perawatan kulit yang umum. Melakukan pijat wajah dapat berfungsi memperkuat otot-otot di wajah Sahabat Fimela. Sama seperti berolahraga untuk mengencangkan tubuh, pijat wajah juga harus dilakukan sebagai olahraga. Hal ini sangat membantu menjaga struktur wajah dan meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh, serta ampuh melawan tanda penuaan.

Memasukkan pijat wajah secara teratur ke dalam rutinitas perawatan kulit Sahabat Fimela tentu dapat menstimulasi sirkulasi darah, meningkatkan drainase limfatik, dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga menghasilkan kulit lebih kencang dan tampak awet muda. Sapuan pijatan yang tepat dikombinasikan dengan krim atau serum anti penuaan juga dapat mencegah kerutan dan munculnya garis pada wajah.

1. Pijat wajah untuk mengangkat dan mengencangkan

Melansir dari brydie.com, teknik berikut ini sederhana, gratis, dan dapat digunakan kapan saja.

1) Bersihkan wajah, kemudian oleskan minyak wajah atau krim untuk melembabkan.

2) Mulailah dengan menyapukan jari ke batang hidung, mengikuti bentuk wajah. Kemudian, dengan 1 gerakan yang lancar, lanjutkan menyapu jari ke bawah dan ke arah luar.

3) Selanjutnya pindah ke dahi menggunakan teknik sapuan ringan yang sama, mulai dari tengah dahi ke luar dan gunakan gerakan ke atas dari alis hingga garis rambut. Sahabat Fimela sebaiknya menggunakan ibu jari untuk melakukan gerakan vertikal dan menjaga jari-jari lainnya tetap berdekatan untuk melakukan gerakan horizontal.


2. Pijat wajah untuk menghaluskan kerutan

Jika Sahabat Fimela ingin pijatan wajah ditujukan pada kerutan, melansir dari brydie.com, Dakar memiliki teknik yang akan membantu mengatasi hal ini secara spesifik, berikut tekniknya:

1) Oleskan minyak wajah sesuai dengan jenis kulit ke seluruh wajah yang sudah bersih.

2) Gunakan jari tengah untuk memberikan tekanan pada bagian tengah dahir. Teknik ini membantu menghaluskan garis kerutan di hari. Sebagai bonus, ini juga dapat menghilangkan stres dan sakit kepala, yang membuat kamu tidak perlu mengerutkan kening.

3) Terapkan tekanan ini selama 3 detik dan ulang selama 3 kali. Untuk meningkatkan efek teknik akupresur wajah, gerakan jari tengah ke bawah hingga mencapai titik tepat di antara alis kamu.

4) Jika Sahabat Fimela ingin menargetkan crow’s feet, gunakan jari telunjuk untuk memberikan tekanan pada batang hidung, tepat di bawah mata bagian dalam. Lakukan ini selama 5 detik sekaligus dengan total 3 kali pengulangan. Teknik ini dapat mengendurkan otot-otot mata sehingga meminimalisir terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata.

3. Pijat wajah drainase limfatik

Manfaat pijat wajah drainase limfatik untuk meningkatkan sirkulasi sehingga berfungsi ganda dengan membantu melepaskan penyumbatan sinus dan mengurangi pembengkakan. Sambil memperhatikan titik-titik tekanan utama pada wajah, disarankan untuk menggunakan bantalan jari yang bekerja dari tengah wajah ke atas dan ke samping. Melansir dari brydie.com, di bawah ini ada teknik yang menggunakan roller giok, yang bekerja dengan memberikan tekanan ke seluruh wajah. 

1) Oleskan lotion atau krim ringan ke seluruh wajah dan leher.

2) Dengan menggunakan roller giok, gulung dari tengah wajah ke arah luar yang secara alami akan merangsang sistem limfatik untuk mengalirkan cairan yang berlebih.

3) Gerakan perlahan searah kontur wajah kamu dan akhiri dengan sisi luar wajah.

4) Untuk hasil terbaik, ulangi proses ini setidaknya sebulan sekali.


4. Pijat refleksi wajah

Pijat refleksi wajah adalah teknik pengobatan tradisional Tiongkok yang berfokus pada titik akupuntur di wajah. Pijat wajah membantu meredakan ketegangan pada otot wajah, mengurangi peradangan dan bengkak, dan bahkan mampu meredakan tekanan sinus. Melansir dari brydie.com, berikut 3 cara populer untuk melakukan pijat refleksi wajah:

1) Taiyang

Letakkan jari tengah dan telunjuk di pelipis. Kemudian gosok dengan gerakan memutar sambil menarik dan membuang napas secara perlahan.

2) Bitong

Letakkan jari tengah atau telunjuk di kedua sisi alur nasolabial yang paling dekat dengan hidung.

3) Yintang

Condongkan kepala ke depan dan letakkan jari tengah atau telunjuk di antara alis untuk menopang beban kepala. Gosok jari dengan gerakan memutar sambil menarik dan membuang napas.

5. Pijat wajah gua sha

Pijat wajah gua sha didasarkan pada teknik penyembuhan kuno, yang pertama kali disebutkan dalam teks pengobatan klasik Tiongkok yang disebut Shan Han. Dengan menggunakan alat gua sha, Sahabat Fimela menerapkan kombinasi sapuan ke seluruh wajah dengan tekanan lembut, yang membantu drainase limfatik. Gua sha juga dapat dimasukkan ke dalam lemari es untuk memberikan efek mendinginkan. Gua sha yang dingin akan membantu mengencangkan otot-otot wajah. Melansir dari brydie.com, berikut cara menggunakan gua sha:

1) Mulailah dengan mengoleskan minyak wajah atau pelembab ke wajah dan leher. Permukaan yang dilumasi dengan baik adalah kunci untuk membantu gua sha meluncur di kulit kamu.

2) Dimulai dari leher, sapukan sisi lebar gua sha ke arah garis raha dengan tekanan ringan hingga sedang. Ulangi teknik ini di sisi leher yang lain.

3) Selanjutnya, usap sisi lengkung gua sha dari dagu sepanjang garis rahang hingga mencapai telinga, kemudian ulangi di sisi yang berlawanan.

4) Untuk pipi, letakkan ujung gua sha yang rata dan lebar di sisi mulut. Dengan tekanan sedang, tarik gua sha secara perlahan melawati tulang pipi dan hentikan tepat sebelum mencapai telinga.T

5) empatkan gua sha di bawah sudut dalam salah satu mata dan usap perlahan sisi sempitnya melintasi area bawah mata hingga ke garis rambut.

6) Selanjutnya, mulailah dari bagian tengah alis dan sapukan gua sha ke samping hingga mencapai garis rambut.

7) Terakhir, letakkan gua sha di bagian atas alis dan usap ke atas menuju garis rambut.


Tips melakukan pijat wajah secara tepat untuk mengurangi kerutan

Pijat wajah Sahabat Fimela di rumah akan semakin efektif dengan melakukan tips-tips di bawah ini:

1. Bersihkan dan kupas

Untuk memastikan bahan aktif produk perawatan kulit kamu meresap jauh ke dalam kulit, Sahabat Fimela harus membersihkannya secara menyeluruh terlebih dulu dan mungkin melakukan eksfoliasi. Jika kamu menggunakan pembersih menggunakan sikat wajah, ini akan merangsang sirkulasi darah bahkan sebelum pemijatan wajah yang sebenarnya.

2. Jangan berhemat pada serum atau krim

Jika Sahabat Fimela menggunakan terlalu sedikit serum atau krim, kamu dapat menarik kulit terlalu keras. Khusus untuk kulit sensitif, hal ini dengan cepat menyebabkan pembuluh darah pecah, iritasi, dan luka mikro. Selain itu, mulailah memijat dengan lembut dan tingkatkan intensitasnya.

3. Pijat dengan lembut

Selalu pijat dengan pijatan lembut berdasarkan cubitan kecil dan sejenisnya. Jangan ragu, ini akan membantu Sahabat Fimela menjaga dukungan alami pada kulit.