bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Manfaat dan Kandungan Teh Bunga Telang untuk Kesehatan

Restiyan Ningsih - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 30 April 2024 21:38
    Bagikan  
Teh Bunga Telang
Pinterest

Teh Bunga Telang - Manfaat Teh Bunga Telang

HELOINDONESIA.COM -Teh telah lama menjadi minuman yang tidak hanya menyegarkan, tetapi juga menyediakan beragam manfaat kesehatan.

Namun, di antara berbagai jenis teh yang tersedia di pasaran, satu varietas yang menarik perhatian adalah teh bunga telang.

Dikenal karena warna biru muda yang unik dan cita rasa yang menenangkan, teh bunga telang juga dikenal memiliki manfaat kesehatan yang mengejutkan.

Berikut Manfaat kesehatan yang terkandung dalam secangkir teh bunga telang.

Baca juga: Halalbihalal PWI Jateng Berlangsung Gayeng, Tausiyah Banyak Sentil Realitas Keseharian

Kandungan Nutrisi

Teh bunga telang dibuat dengan merebus kelopak bunga telang kering dalam air panas. Bunga telang yang juga dikenal dengan nama Clitoria ternatea ini mengandung beragam senyawa bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk:

1. Anthocyanin

Pigmen alami yang memberikan warna biru pada bunga telang juga merupakan antioksidan kuat yang dapat melawan kerusakan sel dan radikal bebas dalam tubuh.

2. Flavonoid

Senyawa ini telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk perlindungan terhadap penyakit jantung, peradangan, dan kanker. 

Baca juga: Cara Membatasi Penggunaan Wifi

3. Quercetin

Salah satu jenis flavonoid yang ditemukan dalam bunga telang, quercetin dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko diabetes, dan memiliki sifat anti-inflamasi.

4. Vitamin dan Mineral

Teh bunga telang juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, A, dan K, serta kalsium, magnesium, dan besi.

Manfaat Kesehatan

1. Antioksidan Kuat 

Kandungan anthocyanin dalam teh bunga telang menjadikannya sebagai minuman yang kaya akan antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Flavonoid dalam teh bunga telang telah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (kolesterol jahat), serta meningkatkan kesehatan pembuluh darah, menjadikannya sebagai minuman yang baik untuk kesehatan jantung.

Baca juga: Cara Membatasi Penggunaan Wifi

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa bioaktif dalam teh bunga telang dapat meningkatkan kesehatan otak dengan melindungi sel-sel saraf dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

4. Mendukung Pencernaan Sehat

Teh bunga telang juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan karena mengandung serat, serta memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan gangguan pencernaan seperti peradangan usus.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam teh bunga telang dapat membantu melawan penuaan dini dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Cara Menikmati Teh Bunga Telang

Untuk menikmati manfaat kesehatan teh bunga telang, cukup seduh kelopak bunga telang kering dalam air panas seperti membuat teh biasa. Anda juga dapat menambahkan sedikit madu atau lemon untuk rasa tambahan.

Dengan kandungan nutrisi yang kaya dan manfaat kesehatan yang beragam, teh bunga telang adalah minuman yang menarik untuk dinikmati sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda. Sajikan secangkir teh bunga telang dan nikmati kebaikan alam dalam setiap tegukan.