Helo Indonesia

Cara yang Tepat Memandikan Bayi Baru Lahir, Ibu Muda Wajib Tahu!

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 8 Maret 2024 11:20
    Bagikan  
alodokter

-

HELOINDONESIA.COM - Bagi ibu yang pertama kali memiliki bayi, aktivitas memandikan bayi terkadang menjadi salah satu hal yang membuat gugup. Beberapa ibu mungkin masih ragu-ragu dan bingung terkait bagaimana cara memandikan bayi baru lahir yang benar.

Hal tersebut membuat kebanyakan ibu memilih menggunakan waslap untuk memandikan bayi. Memang tidak ada salahnya memakai waslap, namun sebenarnya cara memandikan bayi baru lahir tidaklah sulit. Mari simak lebih lanjut bagaimana langkah memandikan bayi baru lahir dengan cara yang tepat.

Perlengkapan Mandi untuk Bayi Baru Lahir

Sebelum mempelajari bagaimana cara memandikan bayi baru lahir, penting bagi orang tua untuk mengetahui apa saja perlengkapan mandi yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa barang untuk memandikan bayi baru lahir:

  • Permukaan yang datar dan aman untuk meletakkan bayi sebelum dan sesudah mandi, seperti tempat tidur atau meja khusus untuk berganti pakaian bayi.
  • Handuk dan alas ganti.
  • Air hangat suam-suam kuku untuk memandikan bayi.
  • Gayung untuk mengalirkan air dan membilas bayi.
  • Kain atau handuk berbahan lembut untuk menyeka tubuh bayi.
  • Pakaian dan popok kering untuk ganti.
  • Produk pembersih kulit bayi soap-free sebagai pengganti sabun. 

Bayi baru lahir tidak disarankan untuk mandi terlalu sering, sekalipun Anda telah menerapkan cara memandikan bayi baru lahir yang benar. Hal yang lebih penting adalah ketika mengganti popok bayi, usahakan juga membersihkan tubuhnya.

Bayi tidak disarankan mandi terlalu sering karena dapat membuat kulitnya kering dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Memandikan bayi sebanyak tiga kali seminggu sudah cukup dalam satu tahun pertamanya. Namun, tetap bersihkan bagian tubuh bayi setiap hari.

Meski begitu, orang tua bisa mempertimbangkan kondisi masing-masing bayi. Apabila Anda tinggal di lingkungan dengan suhu tinggi dan lembap, maka Anda mungkin perlu memandikan bayi setiap hari. Namun, sebelumnya lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Waktu yang Tepat Memandikan Bayi Baru Lahir

Cara memandikan bayi baru lahir tidak bisa dilakukan dengan asal, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kapan waktu yang tepat untuk memandikannya. Pertama, hindari memandikan bayi setelah minum ASI, sebab perutnya masih terisi penuh dan dapat membuat bayi tidak nyaman.

Apabila bayi merasa tidak nyaman, seperti rasa tertekan pada perut, kondisi tersebut dapat membuat bayi muntah. Karenanya, usahakan untuk memilih waktu senggang atau di sela-sela waktu makan, misalnya di pagi hari sebelum sarapan atau sore hari ketika bayi tidak mengantuk.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Benar

Sebelum memandikan bayi baru lahir, pastikan tali pusar pada bayi sudah lepas dengan sendirinya, dan lukanya sudah mengering. Umumnya tali pusar pada bayi akan lepas dalam kurun waktu 2–3 minggu setelah lahir. Apabila tali pusar pada bayi belum lepas, Anda disarankan menggunakan waslap.

Berikut adalah tips memandikan bayi baru lahir yang bisa Anda ikuti:

  1. Pertama, siapkan bak mandi berisi air hangat dengan suhu sekitar 37 derajat Celcius dengan ketinggian air tidak lebih dari 7 cm.
  2. Posisikan bayi berbaring di alas ganti atau handuk, kemudian buka bajunya secara perlahan.
  3. Gendong bayi menuju bak mandi, dengan satu tangan menopang kepala dan tubuh bayi dan tangan lainnya menyangga bagian bawah bayi.
  4. Letakkan bayi ke bak mandi secara perlahan dimulai dari kaki. Namun, pastikan tangan Anda tetap menyangga kepala dan punggung, sementara tangan lainnya membasuh bagian tubuh bayi.
  5. Selalu pastikan kepala bayi berada di atas permukaan air.
  6. Bersihkan seluruh tubuh bayi mulai dari kelopak matanya menggunakan kapas yang dicelupkan air hangat. Gunakan kapas berbeda untuk mata lainnya.
  7. Bersihkan hidung, telinga, dan wajah bayi.
  8. Apabila menggunakan sabun, tuang sedikit, oleskan tipis di kulit Anda sebelum mengusapnya di kulit bayi.
  9. Usap perlahan secara lembut untuk membersihkan bagian leher, belakang telinga, ketiak, dan kemaluan bayi.
  10. Basuh seluruh tubuh bayi mulai dari kepala secara perlahan dengan gayung, kemudian usap dengan kain bersih.
  11. Ketika sudah selesai, angkat bayi dari bak mandi secara perlahan.

Letakkan bayi di atas tempat tidur yang sudah diberi alas handuk.
Keringkan setiap sisi tubuh bayi menggunakan handuk berbahan lembut.
 

Anda tidak perlu memberikan lotion atau minyak untuk bayi baru lahir. Lotion dan minyak bisa diberikan ketika bayi sudah berusia di atas 1 bulan. Selain itu, Anda tidak perlu mencampurkan air dengan sabun atau bahan apa pun, karena pembersih alami yang paling baik untuk bayi baru lahir adalah air bersih.

 

Hal penting yang perlu diperhatikan lainnya dalam cara memandikan bayi baru lahir adalah jangan pernah meninggalkan bayi sendiri di bak mandi meskipun hanya sebentar. Bayi belum mampu menyeimbangkan tubuhnya sehingga berpotensi tenggelam atau tersedak air.