Helo Indonesia

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 16 Februari 2024 14:58
    Bagikan  
flek hitam
pinterest

flek hitam - kesehatan

HELOINDONESIA.COM - Flek hitam di pipi seringkali menjadi permasalahan kulit yang membuat banyak individu merasa kurang percaya diri. 

1. Bersihkan wajah secara rutin

Kamu wajib membersihkan wajah dengan lembut setidaknya dua kali sehari. Gunakan pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulitmu. 

Hindari menggunakan pembersih yang terlalu keras atau mengandung bahan kimia agresif. Nah, berikut Ini Rekomendasi Skincare untuk Hilangkan Flek Hitam.

2. Gunakan tabir surya

Sunscreen alias tabir surya sangat penting, terutama jika kamu sedang menggunakan bahan alami seperti jus lemon atau cuka apel. 

Sinar matahari dapat memperburuk flek hitam, jadi pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF yang sesuai sebelum beraktivitas di luar ruangan.

3. Lakukan eksfoliasi secara lembut

Selanjutnya, kamu perlu melakukan eksfoliasi lembut sebanyak 1-2 kali seminggu. 

Fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu bahan aktif lebih meresap. Gunakan produk eksfoliasi yang tidak terlalu kasar agar tidak merusak kulit.

4. Pakai pelembap

Gunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulitmu setiap hari. Pelembap membantu menjaga kelembapan kulit dan membuatnya terlihat lebih sehat.

Saat memilih pelembap, sebaiknya cari yang berlabel non komedogenik. Sebab, jenis produk ini tidak akan menyumbat pori-pori sehingga jerawat bisa kamu cegah. 

5. Terapkan pola makan sehat

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan yang kaya serat.

Cara dapat membantu kulit memeroleh nutrisi  untuk regenerasi sel-sel kulit.

Hindari makanan tinggi lemak yang justru bisa menambah produksi minyak di kulit. 

Minyak bisa semakin menyumbat pori-pori sehingga flek semakin bertambah. Kamu juga wajib minum cukup air setiap hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dari dalam.

Ini juga menjadi salah satu cara alami menghilangkan flek hitam di pipi.

6. Hindari lingkungan yang tercemar dan lindungi kulit

Upayakan untuk melindungi kulit dari polusi dan bahan kimia berbahaya. Kamu bisa  menggunakan masker atau menutupi wajah di bawah payung saat berada di daerah berpolusi.

Hindari pula produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri atau hidroquinon. Kandungan ini dapat merusak kulit dan memperburuk kondisi flek hitam.

7. Konsultasi dengan dokter spesialis kulit

Jika flek hitam sangat persisten atau memburuk, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit.

Mereka dapat memberikan saran dan perawatan yang lebih spesifik sesuai kondisi kulit. Mereka dapat menyarankan cara alami menghilangkan flek hitam di pipi.