Helo Indonesia

5 Cara Mengatasi Rambut Lepek

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Kamis, 15 Februari 2024 16:05
    Bagikan  
rambut lepek
pinterest

rambut lepek - _

HELOINDONESIA.COM -Pada dasarnya, penyebab rambut berminyak adalah meningkatnya produksi sebum yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous pada kulit kepala. Sebum sendiri merupakan campuran minyak dan sel-sel kulit. Sebetulnya sebum berfungsi menjaga kulit kepala tetap terhidrasi. Namun, jika diproduksi berlebihan sebum membuat kulit kepalamu terasa lebih berminyak dan menjadi ciri-ciri rambut rambut berminyak lepek dan bau.

Tidak hanya itu, produksi sebum meningkat juga bisa disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya karena stres, hormonal, mengidap penyakit tertentu, diet yang terlalu ketat, genetik, atau pemakaian produk perawatan rambut yang kurang tepat bisa jadi ciri ciri rambut berminyak.

Belum lagi jika kamu merupakan seseorang dengan aktivitas yang padat setiap hari, misalnya berkendara dengan kendaraan roda dua yang mengharuskan kamu menggunakan helm. Oleh karena itu yuk simak dibawah ini cara mengatasi rambut yang lepek!

1. Rutin Keramas

Cara mengatasi rambut lepek dan bau yang pertama adalah dengan keramas secara rutin. Kamu sebaiknya keramas 2 hari sekali untuk membantu mengurangi kadar minyak  pada kulit kepala. Tetapi jangan juga keramas terlalu sering karena justru bisa memicu produksi minyak berlebih.

2. Jangan Terlalu Sering Menyisir

Nah, buat kamu yang sebentar-sebentar menyisir setelah pakai helm, ternyata hal ini bisa ikut menstimulasi meningkatnya produksi minyak di kulit kepala, loh. Pasalnya, sebum dari kulit kepala juga mengalir ke folikel sehingga bisa membuat kulit kepala semakin berminyak dan batang rambut jadi semakin lepek.

3.Hindari Mengaplikasikan Kondisioner ke Kulit Kepala

Selain menggunakan sampo yang tepat, melembabkan rambut pendek dengan kondisioner juga penting sebagai perawatan dasar rambut agar tidak mudah lepek. Hindari menggunakan kondisioner dari kulit kepala, karena akan membuat rambut kamu terlihat berminyak dan lepek dalam beberapa jam. Sebaliknya, gunakanlah kondisioner dari pertengahan sampai ujung rambut setiap kali habis keramas.

4. Hindari Produk Styling Mengandung Minyak

Produk rambut yang sering digunakan seperti gel rambut memang berfungsi untuk menata dan memberikan kelembapan ekstra pada rambut. Namun, buat kamu yang secara genetik memiliki tipe rambut berminyak, langkah ini bisa jadi bumerang karena rambut jadi bisa tambah berminyak dan terlihat lepek.

5. Gunakan Shampo yang Tepat

Berikutnya, cara mengatasi rambut lepek dan bau adalah dengan menggunakan shampo yang memang diformulasikan untuk perlindungan kulit kepala berminyak secara menyeluruh sehingga rambut bebas lepek, gatal, dan ketombe.