Helo Indonesia

5 Dampak Negatif Terlalu Sering Minum Kopi Bagi Kesehatan

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 9 Februari 2024 14:35
    Bagikan  
Dampak minum kopi
alodokter

Dampak minum kopi - Bagi Kesehatan

HELOINDONESIA.COM - Kopi sebenarnya adalah salah satu minuman yang sehat. Kopi mengandung kafein, zat yang dapat meningkatkan mood, metabolisme, serta kinerja mental dan fisik. Kopi aman dikonsumsi jika dalam jumlah rendah hingga sedang. Namun, kopi dengan kafein dosis tinggi mungkin memiliki dampak negatif dan bahkan berbahaya. 

Dampak terlalu sering minum kopi sebagai berikut.

  1. Masalah Pencernaan

Dampak terlalu sering minum kopi yang paling banyak terjadi adalah munculnya gangguan pencernaan. Kafein yang dikaitkan dengan efek pencahar diduga dapat melepas hormon gastrin. Hormon tersebut dibuat di lambung dengan peran untuk meningkatkan aktivitas pada usus besar. 

Meski demikian, sepertinya kafein yang terkandung dalam kopi juga memicu stimulasi gerak usus dengan meningkatkan kontraksi gerak peristaltik. Alhasil, beberapa orang yang terlalu sering minum kopi atau mendapatkan asupan kafein berlebihan bisa mengalami diare. 

  1. Hipertensi

Sebenarnya kafein dalam minuman kopi tidak menjadi faktor yang meningkatkan risiko munculnya masalah kardiovaskuler pada mayoritas penikmatnya. Akan tetapi, kandungan ini berperan dalam peningkatan tekanan darah karena dampak stimulasinya terhadap sistem saraf. 

Nah, peningkatan tekanan darah yang mengarah pada hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan saraf serta berbagai masalah kardiovaskuler lainnya. Selain itu, kamu juga rentan mengalami peningkatan berat badan atau obesitas 

Untungnya, dampak kafein terhadap tekanan darah sepertinya hanya sementara. Akan tetapi, tetap saja kamu harus memperhatikan asupan kafein harian, terlebih jika kamu memiliki riwayat hipertensi. 

  1. Gangguan Tidur

Asupan kafein dapat membantu tubuh tetap terjaga selama beberapa waktu. Namun, asupannya yang berlebih justru akan membuat kamu tidur nyenyak. Bahkan, dampak terlalu sering minum kopi terhadap kualitas tidur sangat terasa untuk kelompok orang lanjut usia. 

Tahukah kamu asupan kafein terlalu banyak bisa mengakibatkan insomnia atau kesulitan tidur? Bahkan, efeknya baru bisa menghilang setelah beberapa jam. Inilah mengapa sebaiknya kamu tidak minum kopi sebelum tidur malam. 

  1. Gangguan Kecemasan

Selain membuat kamu dapat terjaga selama beberapa waktu, asupan kafein juga membantu meningkatkan kewaspadaan. Ini berkat zat yang dikaitkan dengan penambahan energi tubuh di dalam kopi selain kafein. Akan tetapi, efeknya bisa membuat kamu gugup dan mengalami gangguan kecemasan pada dosis yang sangat tinggi. Bahkan, masalah kecemasan akibat kafein menjadi salah satu gangguan kesehatan yang berhubungan dengan masalah kesehatan mental. 

Selain itu, konsumsi kafein dalam jumlah sedang juga dapat memicu pernapasan lebih cepat dan membuat kadar stres meningkat. Apabila kamu mengalami hal ini, sebaiknya mulailah kurangi asupan kafein harianmu.

  1. Risiko Kerusakan Otot

Efek asupan kafein berlebihan yang tak kalah berbahaya adalah risiko kerusakan otot atau rhabdomyolysis. Kondisi ini terjadi ketika serat otot yang mengalami kerusakan menuju aliran darah. Dampaknya sangat membahayakan karena bisa berujung pada gagal ginjal dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Beberapa kondisi kelainan ini dihubungkan dengan jumlah kafein yang masuk ke dalam tubuh, meski dapat dibilang masih jarang terjadi.

Perlu diingat bahwa konsumsi kafein berlebih dalam waktu pendek untuk orang yang belum terbiasa akan memberikan dampak yang cukup signifikan. Jadi, sebaiknya batasi asupannya tak lebih dari 250 miligram setiap hari. Apalagi jika kamu sedang dalam kondisi hamil. Apabila kamu mengalami gejala yang tidak biasa setelah minum kopi, segera hentikan dan tanyakan penanganan pertama yang bisa dilakukan pada dokter.