bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Wajah Sehat Bercahaya Waktu Pagi, Ini Ritual Rahasianya

Helo Jabar - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 21 April 2023 09:40
    Bagikan  
Wajah Sehat Bercahaya Waktu Pagi, Ini Ritual Rahasianya

Kulit muka sehat bercahaya.

HELOINDONESIA.COM - Kulit muka sehat bercahaya di waktu pagi menjadi impian banyak orang. Sedangkan yang dialami banyak orang justru sebaliknya. Yakni wajah bengkak dan kusam.

Sejumlah hal menjadi pemicunya. Seperti kurang tidur, perawatan malam hari yang salah, hingga pola konsumsi sebelum jam tidur.

Namun jangan khawatir. Ada langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi tampilan wajah bengkak dan kusam di waktu pagi.

Berikut ritual malam hari yang yang bisa dilakukan seperti dilansir dari Bustle:

1. Minum Air

Retensi air dalam tubuh atau dehidrasi dapat memicu wajah bengkak di pagi hari.

Guna mengeluarkan retensi air dari dalam tubuh dan mencegah dehidrasi yang berdampak pada wajah yang membengkak maka diperlukan konsumsi air yang cukup.

Untuk mengetahui jika tubuh bebas dari dehidrasi dan cukup mengkonsumsi air bisa memperhatikan dari warna urin yang dikeluarkan saat buang air kecil. 

Warna urin terlihat kuning terang atau jingga menandakan tubuh kekurangan air. Jika warna urin hampir transparan maka itu pertanda kebutuhan air dalam tubuh telah cukup. Jangan menunggu haus untuk minum air. Sebab haus merupakan tanda kalau sedang mengalami dehidrasi.

2. Makanan Asin

Wajah bengkak dan terlihat kemerahan saat bangun bisa jadi akibat terbiasa mengonsumsi makanan asin sebelum tidur.

Karena garam menarik banyak cairan sehingga membuat wajah terlihat membengkak. 

Mengonsumsi makanan asin atau mengandung banyak garam perlu diperhatikan sebelum tidur. 

Jika ingin menyantap camilan maka pilihlah makanan yang rendah sodium. Kemudian minumlah air guna menjaga keseimbangan tubuh.

3. Tidur Pakai Bantal

Meletakkan kepala di atas bantal saat tidur dapat mengurangi tampilan wajah yang bengkak di pagi hari.

Posisi kepala yang lebih tinggi saat tidur dapat meningkatkan sirkulasi limfatik dan darah untuk mengurangi pembengkakan di sekitar mata menurut para ahli.

4. Gunakan Masker 

Produk masker wajah yang mengandung anti oksidan dan anti inflamasi dapat membantu saat tidur. Ini akan membuat wajah terasa lebih segar usai bangun tidur.

Seandainya menemukan ?depuffing face mask? di sekitarmu maka ini dapat dibeli dan dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan ketika malam hari.

Alternatif lainnya bisa menggunakan produk perawatan yang mengandung caffeine. Kandungan caffeine diyakini dapat membantu mengurangi pembengkakan pada wajah.

5. Menghindari Pemicu Alergi

Wajah masih nampak kemerahan dan bengkak di pagi hari padahal sudah beristirahat dengan cukup atau menggunakan produk perawatan muka.

Bisa jadi ada sesuatu di sekitarmu yang memicu reaksi alergi pada kulit. Ini saatnya untuk menemukan penyebabnya.

Sejumlah barang di kamar bisa diganti dengan benda-benda anti alergi seperti bantal hipolergenik. Sementara debu tidak memicu alergi pada kulit ketika tidur.

Bila memiliki hewan peliharaan di rumah maka perlu mencoba untuk tidak tidur bersamanya atau menempatkannya di luar kamar saat malam hari. 

Di samping itu jika suka tidur dengan jendela terbuka maka cobalah untuk menutupnya. Ini guna mencegah pemicu alergi yang masuk sehingga bereaksi pada kulit.

6. Mencuci Muka

Hari yang panjang dan melelahkan membuat segera ingin tidur saat sampai di rumah.

Jika ini menjadi kebiasaan setiap hari maka tidak mengejutkan saat bangun kemudian wajahnya bengkak.

Riasan muka yang tidak dibersihkan sebelum tidur dapat menginflamasi dan mengiritasi kulit serta mata. Ini memicu kemerahan dan warna kulit yang tidak merata.

Parfum juga dapat menimbulkan hal serupa. Karena itu tidak disarankan tidur dengan parfum yang masih menempel pada kulit.

Bila ingin kulit wajah sehat bercahaya di waktu pagi maka perlu rajin membersihkan muka dan melanjutkannya dengan perawatan kulit sebelum tidur.

Perhatikan ritual dan tips ini serta lakukanlah. Perbedaannya kemudian akan dapat dirasakan. ***