Menlu RI : Kemitraan ASEAN-Jepang Harus Berorientasi Masa Depan

Jumat, 26 Juli 2024 18:43
Menlu Retno Apresiasi Jepang Terkait AOIP. Ist

HELOINDONESIA.COM - Menteri Luar Negeri RI mengajak Jepang mengembangkan kemitraan yang berorientasi masa depan, dengan fokus pada pertumbuhan hijau, ekonomi digital serta perdamaian dan stabilitas.

Pernyataan tersebut disampaikan Menlu Retno Marsudi dalam pertemuan ASEAN-Jepang Post-Ministerial Conference (PMC) di Vientiane, Laos (26/7).

Menlu Retno menyampaikan bahwa selama ini ASEAN-Jepang telah memiliki kemitraan yang kuat dalam menjaga perdamaian dan stabilitas serta mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan. Jepang bahkan disebut dalam survei Komunitas ASEAN terkini sebagai “mitra ASEAN yang paling terpercaya". Retno menyebutkan bahwa kepercayaan yang tinggi dari masyarakat ASEAN ini perlu dikapitalisasi untuk lebih memperkuat kemitraan ASEAN-Jepang.

Baca juga: Jelang Akhir Pemulangan ke Tanah Air, Klinik Kesehatan Haji Indonesia Tetap Edukasi Jemaah Haji

Dalam pernyataannya, Menlu RI mengangkat tiga area kerja sama yang dapat menjadi fokus ASEAN-Jepang.

Pertama, mempromosikan pertumbuhan hijau.

Dukungan Jepang sangat dibutuhkan untuk mempercepat transisi energi di kawasan, khususnya melalui mekanisme pembiayaan inovatif dan transfer teknologi rendah karbon.

“Kita harus terus dorong implementasi berbagai proyek prioritas yang dapat mendukung penurunan emisi di kawasan, termasuk dalam platform Asia Zero Emission Community (AZEC)", ujar Retno.

Baca juga: Dua Orang Saksi Terkait Kasus Emas Surabaya Diperiksa Kejaksaan Agung 

Kedua, mempercepat transformasi ekonomi digital.

Pada keketuaan Indonesia di ASEAN tahun lalu, telah diluncurkan inisiatif Kerangka Ekonomi Digital ASEAN (Digital Economy Framework Agreement/DEFA), yang akan meningkatkan potensi ekonomi digital di kawasan mencapai USD 2 triliun.

“Kita harus pastikan kemitraan ASEAN-Jepang dapat mendukung penguatan keterampilan masyarakat dan memperkuat integrasi UMKM di Asia Tenggara ke dalam ekosistem digital.

Ketiga, menjaga perdamaian dan stabilitas.

Indonesia mengapresiasi komitmen Jepang untuk menghormati hukum internasional secara konsisten. “Kita harus pastikan hukum internasional juga dihormati dalam isu Palestina.

Baca juga: Mendagri Harap Lulusan IPDN Jadi Pemimpin Kuat yang Punya Konsep

Saya juga berharap Jepang dapat segera mengakui Palestina, sebagai salah satu upaya penting mendorong proses perdamaian menuju solusi dua negara“, tegas Retno.

Terkait AOIP, Menlu Retno juga mengapresiasi Jepang sebagai salah satu negara yang pertama kali memberikan dukungannya terhadap AOIP.

“Kemitraan ASEAN-Jepang harus terus menjadi solusi dari berbagai upaya menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik dan juga dunia", tutup Retno.


Berita Terkini