bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Baparekraf ScaleUp Champions 2024 Jaring 5 Startup Terbaik untuk Validation Trip ke Australia

M Ridwan - Internasional
Senin, 16 September 2024 21:35
    Bagikan  
BSC 2024-
Ist

BSC 2024- - Acara puncak dari rangkaian BSC 2024 ini memilih 5 startup terbaik yang kemudian berhak mengikuti validation trip ke Sydney, Australia.

HELOINDONESIA.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui program “Baparekraf ScaleUp Champions (BSC) 2024” menggelar kegiatan Startup Demo Day yang berlangsung di Grand Ballroom Atria Hotel, Gading Serpong, Banten, beberapa waktu lalu.

Acara puncak dari rangkaian BSC 2024 ini memilih 5 startup terbaik yang kemudian berhak mengikuti validation trip ke Sydney, Australia.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam, dalam sambutannya mengatakan ekosistem startup global pada tahun 2024 menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa di mana tercatat lebih dari 315 juta startup di berbagai sektor mulai dari teknologi, kesehatan, fintech, dan lainnya.

Baca juga: Maria Kristi Endah Murni, Srikandi Indonesia yang Membawa Dirjen Perhubungan Udara Semakin Cemerlang, Ketua FORSIMEMA-RI: Saya Apresiasi 

"Indonesia sendiri menjadi rumah bagi lebih dari 2.500 startup aktif, menjadikannya salah satu ekosistem paling dinamis di Asia tenggara dengan kontribusi sektor ekonomi digital Indonesia sangat signifikan, yakni menyumbang lebih dari 80 miliar dolar AS pada tahun lalu dan proyeksi pertumbuhan hingga 130 miliar dolar AS pada 2025," kata Neil dalam keterangan tertulisnya, diterima media ini, Senin (16/9/24).

Mendukung percepatan pertumbuhan dan pengembangan ekosistem tersebut, Kemenparekraf/Baparekraf menghadirkan program Baparekraf ScaleUp Champions (BSC) 2024.

Baparekraf Scale-Up Champhions (BSC) adalah inisiasi program dari kemenparekraf yang mendukung startup digital untuk berkembang dan menciptakan inovasi global, memperluas jangkauan pasar dan membuka peluang ekspansi, meningkatkan keberhasilan mereka di pasar internasional, dan membuka akses ke sumber daya dan jaringan global.

Baca juga: Rusmin Abdul Gani Dukung Penuh Anindya Bakrie Terpilih Sebagai Ketua Umum Kadin

Pada tahapan awal, BSC 2024 menjaring 330 startup yang mendaftar untuk kemudian dilakukan kurasi menjadi 20 startup.

Kemudian dalam tahap Startup Demo Day terpilih 10 finalis untuk menentukan 5 startup terbaik yang akan mendapatkan kesempatan validation trip ke Sydney, Australia. Para peserta akan menjalani serangkaian workshop yang memberikan wawasan mendalam tentang pengembangan produk strategi pemasaran dan jejaring global, selain itu juga mendapatkan kesempatan menjalani sesi mentoring dengan para ahli industri yang memberikan bimbingan langsung.

Program ini juga melibatkan business matching yang mempertemukan para startup dengan mitra potensial dari berbagai sektor.

Baca juga: BMKG Ungkap Tahun 1921 Pernah Terjadi Gempa Kuat di Kalimantan Timur 

"Namun saya menekankan bahwa ini bukan hanya sebuah kompetisi, tapi merupakan kesempatan bagi para startup untuk saling berjejaring. Selain menunjukkan ide kreatif tapi juga menumbuhkan dampak positif bagi industri, masyarakat dan ekonomi Indonesia. Sebanyak 5 startup terbaik akan mengikuti validation trip pada Oktober dan ini merupakan peluang emas bagi mereka untuk mengeksplorasi pasar internasional," ujar Neil.

Adapun 10 finalis dalam Baparekraf ScaleUp Champions (BSC) 2024 yakni Momofin, Botika, Feedloop, Arkopay, Fisiohome, Manuport, Duluin, Digitiket, Pajak(dot)io, dan SMEs Pack.

Setelah mengikuti tahapan akhir, akhirnya terpilih 5 terbaik yakni Botika, Momofin, Manuport, SMEs Pack, dan Feedloop.

Baca juga: 12 Ribu Jemaah Muslimat NU Kendal Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

"Kelima startup ini diharapkan dapat membawa inovasi mereka ke tingkat yang lebih tinggi dan mendapatkan pengalaman serta peluang baru dari ekosistem startup global di Australia," ujar Neil.

Founder & chairperson Kumpul.id, Faye Wongso, mengatakan pihaknya mendukung acara ini dan menekankan pentingnya membuka akses bagi startup lokal untuk terhubung dengan pasar internasional dan memperluas jaringan global.

"Kolaborasi dengan startup luar negeri dapat memberikan manfaat strategis yang signifikan, baik dari segi inovasi maupun akses pendanaan," ujar Faye Wongso.