bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Momen Unik, Xanana Gusmao Usap Kepala Jokowi Sambil Menyebutkan Sesuatu

Satwiko Rumekso - Internasional
1 jam 55 menit lalu
    Bagikan  
Jokowi dan Xanana Gusmao
Setpres

Jokowi dan Xanana Gusmao - Kepala Jokowi tiba tiba diusap Xanana Gusmao

HELOINDONESIA.COM -Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao, mengusap kepala Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam momen unik yang terjadi saat Jokowi menyambut pimpinan negara yang hadir di Gala Dinner Indonesia-Africa Forum (IAF) 2024 di Intercontinental Bali, pada Minggu, 1 September 2024.

Sebagai tuan rumah, Presiden Jokowi menyambut dan menyalami satu per satu pimpinan negara yang hendak masuk ke ruang dinner. Berbeda dengan pemimpin negara lain, Xanana Gusmao menciptakan momen penuh keakraban dengan Jokowi.

Xanana Gusmao terlihat lama berjabatan tangan dengan Jokowi. Kamera wartawan membidik momen tersebut. Selain berjabat tangan, Xanana Gusmao juga mengusap kepala Jokowi dua kali, seraya memuji kecerdasan Presiden ketujuh Indonesia itu. Jokowi tersenyum saat Xanana mengelus kepalanya.

Baca juga: Daripada Eri-Armuji, Pilih Coblos Kotak Kosong, Berikut Ini Alasan Aliansi Surabaya Maju

Dalam sambutannya di hadapan peserta gala dinner IAF 2024, Jokowi turut memperkenalkan presiden terpilih, Prabowo Subianto. Jokowi menyebut bahwa kerja sama Indonesia dengan negara-negara di benua Afrika akan dilanjutkan oleh pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Indonesia tetap berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dan solidaritas dengan negara-negara di kawasan Afrika, dan ini juga akan dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya," kata Jokowi.

Baca juga: Sakit Kepala, Mual dan Berkurang Daya Penglihatan, Boleh Jadi Anda Terserang Tumor Otak

Presiden juga berterima kasih kepada perwakilan negara-negara Afrika dalam forum ini. Jokowi berharap IAF 2024 bisa melahirkan kesepakatan kerja sama pembangunan yang inklusif.

Menurut Jokowi adalah merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah dalam menyelenggarakan konferensi tingkat tinggi dari Forum Indonesia Afrika yang kedua untuk memajukan pembangunan global yang inklusif dan berkelanjutan.

IAF 2024 merupakan ajang untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan bisnis Indonesia dengan negara-negara di Afrika. Topik yang dibahas dalam IAF 2024 berfokus pada sektor pangan hingga kesehatan.

Selain sesi utama, forum ini akan menyelenggarakan 12 acara paralel dan 17 acara sampingan yang dijadwalkan berlangsung hingga 3 September 2024 di Bali International Convention Center, Nusa Dua.

Berbagai topik yang relevan dengan pembangunan berkelanjutan juga akan dibahas dalam forum ini, termasuk strategi untuk meningkatkan kerja sama lintas sektor dan lintas negara dalam menghadapi tantangan global.

Indonesia-Africa Forum ke-2 akan dibuka oleh Presiden Jokowi pada Senin, 2 September 2024, di Hotel Mulia Nusa Dua, Bali.