bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Mahasiswa Indonesia Raih Prestasi Membanggakan pada International Mathematics Competition (IMC) 2024 di Bulgaria

M Ridwan - Internasional
16 jam 32 menit lalu
    Bagikan  
Raih Prestasi-
Ist

Raih Prestasi- - Mereka mengikuti seleksi dan pembinaan sebanyak tiga tahap yang difasilitasi oleh Pusat Prestasi Nasional.

HELOINDONESIA.COM - Prestasi membanggakan kembali diraih mahasiswa Indonesia di ajang International Mathematics Competition (IMC) ke-31 di Blagoevgrad, Bulgaria yang digelar pada 5 s.d. 11 Agustus 2024. Pada ajang tersebut, mahasiswa Indonesia berhasil merebut dua medali perak, tiga medali perunggu, dan satu honorable mention.

"Selamat kepada adik-adik yang meraih prestasi di ajang International Mathematics Competition. Tentunya, adik-adik sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik. Jadikan ini sebagai pengalaman dan motivasi ke depannya,” tutur Kepala Pusat Prestasi Nasional (Kapuspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Maria Veronica Irene Herdjiono, Senin (12/8).

Medali perak berhasil diraih oleh Muhammad Jilan Wicaksono dari Universitas Indonesia (UI) dan Rama Sulaiman Nurcahyo dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Kemudian, medali perunggu sukses ditorehkan oleh Ivan Hadinata dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Mohammad Ferry Husnil Arif dari Universitas Indonesia (UI), dan William Surya Putra dari Universitas Brawijaya (UB). Untuk penghargaan honorable mention diraih oleh Parmenas, dari Universitas Hasanuddin (Unhas).

Baca juga: Adinegoro, Pergerakan Pers dan Anugerah Jurnalistik 

Lebih lanjut, Kapuspresnas menambahkan, tahun ini capaian prestasi di ajang IMC 2024 meningkat dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2023, tim Indonesia meraih dua medali perak dan empat honorable mention. “Prestasi tahun ini lebih meningkat dengan torehan dua medali perak, tiga medali perunggu, dan satu honorable mention. Sekali lagi saya ucapkan selamat,” jelas Irene.

Pada kesempatan ini, Kepala Subbagian Tata Usaha Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Muslih, turut mengapresiasi prestasi tim Indonesia di ajang IMC 2024.

“Adik-adik merupakan kebanggaan bangsa Indonesia. Pulang kembali ke tanah air dengan membawa prestasi. Apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan kepada adik-adik dan tim pembina yang sudah berjuang mengharumkan nama Indonesia pada ajang IMC,” ujar Muslih saat menyambut kedatangan tim Indonesia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Baca juga: Tangsel Siapkan Venue dan Target Juara Umum di Porprov VII Banten 2026

Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional terus memfasilitasi delegasi Indonesia pada Ajang Talenta Internasional. Para mahasiswa yang berprestasi di ajang IMC 2024 merupakan pemenang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) di bidang matematika tahun 2024. Mereka mengikuti seleksi dan pembinaan sebanyak tiga tahap yang difasilitasi oleh Pusat Prestasi Nasional.

Peraih medali perak IMC 2024, Rama Sulaiman Nurcahyo dari Universitas Gadjah Mada, mengaku bangga atas capaian prestasinya di IMC kali ini. Pada tahun sebelumnya, Rama juga mengikuti IMC dengan meraih honorable mention.

“Alhamdulillah, mendapat medali pun sudah senang sekali, apalagi bisa membanggakan nama Indonesia. Di IMC 2023 saya dapat honorable mention, sekarang dapat medali perak. Tahun ini IMC benar-benar ketat sekali persaingannya,” ucap Rama.

Baca juga: Pendaftaran CPNS 2024 Resmi Dibuka Pada 20 Agustus 2024, Berikut Jadwal Seleksinya

“Kita harus benar-benar kuat secara mental karena berkompetisi dengan berbagai negara. Untuk tesnya sendiri, selama dua hari berupa tes uraian dengan jumlah masing-masing lima soal. Kesulitan soal itu berurutan. Soal pertama itu relatif lebih mudah dan soal terakhir relatif lebih sulit,” imbuh Rama.

Selama di Bulgaria, mereka didampingi oleh Tim Pembina IMC, yaitu Siti Fatimah dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Nanang Susyanto dari Universitas Gadjah Mada. Siti Fatimah selaku Ketua Tim Indonesia, mengatakan bahwa capaian prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras para peserta yang melalui proses panjang dari mulai ONMIPA-PT hingga mengikuti tiga tahap pembinaan.

“Anak-anak sudah luar biasa berkompetisi di IMC. Mudah-mudahan ini menambah pengalaman mereka di ajang internasional,” kata Siti.

Baca juga: Ketua Mahkamah Agung Lepas Belasan Hakim yang Telah Berkontribusi bagi Dunia Peradilan

Sebagai informasi, International Mathematics Competition (IMC) merupakan ajang kompetisi atau olimpiade internasional tingkat mahasiswa pada bidang Matematika yang telah diselenggarakan sejak tahun 1994. Indonesia pertama kali mengikuti IMC pada tahun 2004 silam.