Helo Indonesia

Geger Penampakan UFO, Jadwal Penerbangan di Bandara Gaziantep Turki Ditunda 12 Jam

Syahroni - Internasional
Selasa, 23 Mei 2023 13:30
    Bagikan  
Penampakan UFO di Turki.
Twitter/ Daily Tukic

Penampakan UFO di Turki. - Penampakan UFO membuat lalu lintas udara di bandara Turki terganggu hingga 12 jam.

HELOINDONESIA.COM - Setidaknya 18 penerbangan ditangguhkan selama 12 jam menyusul laporan penampakan benda terbang tak dikenal (UFO) oleh radar pesawat penumpang di tenggara Turki. Kantor berita Turki Anadolu menyebut, laporan penampakan UFO itu terjadi usai sebuah peswat komersial yang mendarat di bandara sekitar Minggu (21/5) tengah malam melihat objek tak dikenal di radar pesawat.

Radar menangkap objek tak dikenal itu di ketinggian 2.743,2 meter (9.000 kaki) di atas kota Gaziantep, kata pihak berwenang. Setelah menerima laporan dari pilot, otoritas pengawas lalu lintas udara memerintahkan agar semua jadwal penerbangan dialihkan ke bandara di Adana dan Sanliurfa.

Situs berita Turki Habertürk, sementara itu, melaporkan bahwa objek tak dikenal itu juga dikonfirmasi oleh pengawas lalu lintas udara. Dikatakan bahwa setelah insiden tersebut, 26 penerbangan dari Bandara Gaziantep, 13 di antaranya keberangkatan dan 13 kedatangan, dibatalkan.

Namun, berdasarkan yang diterima dari Gaziantep Airport State Airports Authority (DHMI), NOTAM (Notice to airman), tidak dikeluarkan atas insiden tersebut. NOTAM adalah pemberitahuan yang diajukan kepada otoritas penerbangan untuk memberi tahu pilot pesawat tentang potensi bahaya di sepanjang rute penerbangan atau di lokasi yang dapat memengaruhi penerbangan.

Laporan itu mengatakan penerbangan di Bandara Gaziantep dilanjutkan 12 jam kemudian.