Helo Indonesia

Para Pemimpin Negara G7 Desak Cina Untuk Tekan Rusia Agar Mundur dari Ukraina

Syahroni - Internasional
Minggu, 21 Mei 2023 02:23
    Bagikan  
G7 Summit 2023
Council of EU

G7 Summit 2023 - Para pimpinan negara G7 menghadiri G7 Summit 2023 di Jepang.

HELOINDONESIA.COM - Para pemimpin kelompok G7 mendesak Cina untuk "menekan Rusia" guna mengakhiri invasinya ke Ukraina dan menarik pasukannya dari wilayah Ukraina. Pernyataan itu disampaikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 yang digelar di Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5).

Dengan menekan Rusia untuk mengakhiri invasinya, pemerintah Cina dianggap yelah berkomitmen dalam mendukung perdamaian yang komprehensif, adil, dan abadi berdasarkan integritas teritorial dan prinsip serta tujuan piagam PBB. Termasuk melalui dialog langsung dengan Ukraina.

Pernyataan itu sendiri muncul setelah pesawat Prancis tiba untuk mengantarkan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy ke Jepang guna berpartisipasi dalam pertemuan tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi Berharap Inggris Memperluas Proyeknya ke Kota Lain, Termasuk IKN

Dalam perhelatan kali ini, Zelenskiy mengadakan pembicaraan bilateral dengan seluruh anggota G7 pada 20 Mei dan akan berpartisipasi dalam sesi puncak pada 21 Mei. Dia juga bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi dari India dan dijadwalkan bertemu dengan pemimpin Brasil, dua negara yang belum bergabung dalam forum internasional yang mengutuk agresi Rusia ke negara tersebut.

Dalam pernyataan yang dikeluarga pimpinan G7 itu juga disebutkan kalau mereka ingin menjalin hubungan yang konstruktif dan stabil dengan Beijing serta menegaskan kembali tentang penyataan one-China policies. G7 mendesak Beijing untuk mengutaman resolusi damai terkait hubungannya dengan Taiwan. Negara-negara G7 juga menolak militerisasi Cina di Laut Cina Selatan dan klaim teritorialnya di sana.

Cina telah mengklaim bahwa mereka menguasai hampir seluruh Laut China Selatan, termasuk wilayah yang diklaim oleh Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Sebagai tanggapan, China pada 20 Mei malam mengecam pernyataan kelompok G, dengan mengatakan bahwa pendekatan G7 tidak memiliki kredibilitas internasional sama sekali.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Presiden Lula da Silva Bahas Peningkatan Kerja Sama Indonesia-Brasil

"G7 bersikeras memanipulasi isu-isu terkait Cina, mencoreng dan menyerang Cina," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina.

Dalam pernyataan lain, para pemipimpin negara G7 juga mendesak Iran untuk berhenti memasok drone yang digunakan Rusia untuk menyerang infrastruktur kritis Ukraina.

Moskow dan Teheran membantah bahwa Iran telah memasok drone semacam itu, meskipun ada bukti kuat yang sebaliknya.

Group of Seven atau G7 adalah suatu organisasi internasional yang terdiri dari tujuh negara terbesar di dunia dengan ekonomi maju. Negara-negara G7 mencakup Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Prancis, Inggris, Italia, dan Kanada.