Helo Indonesia

Pemerintah Iran Resmi Umumkan Presiden Ebrahim Raisi Meninggal Dunia

Malda - Internasional
Senin, 20 Mei 2024 13:11
    Bagikan  
Foto
Pinterest

Foto - Presiden Iran Ebrahim Raisi

HELOINDONESIA.COM - Sebelumnya Helikopter yang ditumpangi oleh Presiden Iran, Ebrahim Raisi diinyatakan hilang dan beberapa jam yang lalu ditemukan sudah dalam kondisi hancur lebur dan tidak ada tanda-tanda korban selamat.

Kini Pemerintah Iran resmi mengumumkan kematian Presiden Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur, utara Iran, pada Minggu (19/5).

Stasiun televisi pemerintah Iran dan beberapa kantor berita semi-pemerintah seperti Tasnim dan Mehr News Agency melaporkan Presiden Raisi dan delapan orang lainnya yang ada di helikopter Belle 212 buatan Amerika Serikat itu tidak selamat.

Reuters juga mendapat konfirmasi dari pejabat Iran terkait kematian Raisi

"Presiden Raisi, menteri luar negeri dan seluruh penumpang helikopter tewas dalam kecelakaan itu," kata seorang pejabat senior Iran kepada Reuters, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitifnya masalah tersebut.


KONDISI HELIKOPTER HANCUR

Berikut Foto-foto Kondisi Helikopter yang ditumpangi oleh Presiden Iran yamg dibagikan oleh twitter @ShaykhSulaiman:undefined

undefined

undefined

Kepala Bulan Sabit Merah Iran mengatakan tim penyelamat telah mencapai lokasi kecelakaan yang berada di bukit pegunungan dekat Kota Varzaghan, Provinsi Azerbaijan Timur, utara Iran, setelah lebih dari 13 jam pencarian. 

Televisi pemerintah Iran mengatakan "tidak ada tanda-tanda kehidupan" di antara penumpang helikopter yang membawa Presiden Ebrahim Raisi dan pejabat lainnya.

"Setelah helikopter ditemukan, belum ada tanda-tanda penumpang helikopter tersebut masih hidup," bunyi laporan TV pemerintah Iran seperti dikutip AFP.

Rekaman video tim SAR yang diterima media lokal Iran memperlihatkan seluruh kabin helikopter rusak parah dan terbakar. Dan mereka mengatakan bahwa sampai sekarang, tidak ada tanda-tanda orang yang selamat di lokasi tersebut.

New York Times melaporkan helikopter Raisi jatuh di daerah hutan pegunungan dekat Kota Varzaghan sekitar pukul 13.00 waktu lokal.

Kantor berita Iran, Tasnim, melaporkan sembilan orang yang berada di helikopter nahas itu termasuk Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, imam salat Jumat Tabriz Imam Mohammad Ali Alehashem, seorang pilot, kopilot, kepala kru, kepala keamanan, dan pengawal lainnya.