KKB Papua Tembak Pesawat Berpenumpang 66 Orang

Sabtu, 11 Maret 2023 20:43
Pesawat yang ditembak KKB berhasil mendarat dan 66 penumpang selamat (Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menembaki pesawat Trigana Air di Bandara Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Sabtu (11/3/2023). Beruntung, tak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Benny Prabowo mengaku pihaknya menerima laporan terkait penembakan pesawat oleh KKB ini. Meski demikian, pesawat yang membawa 66 penumpang tersebut tetap mendarat dengan selamat di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Pesawat jenis Boeing IL 222 Seri 300 dengan nomor penerbangan PK-YSC ditembak sesaat setelah terbang dari bandara tersebut sekitar pukul 14.06 WIT, dilansir dari Antara.

Sementara itu salah satu penumpang yang turut dalam pesawat tersebut mengungkap sempat terdengar bunyi tembakan satu kali, sesaat setelah tinggal landas. Penumpang sempat bertanya-tanya.

?Alhamdulillah kami tiba dengan selamat di Sentani,? ucap penumpang yang tanpa mau identitas-nya disebut.

pesawat baru diketahui terkena tembak setelah landing (mendarat) di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Awalnya sekitar pukul 14.00 WIT pesawat Trigana Air IL-222 register PK-YSC yang dipiloti Captain Edi Sunarto melaksanakan taxy menuju runway 25 Bandara Nop Goliat Dekai, dan take off pukul 14.07 WIT menuju Bandara Sentani. Pada saat take off itulah sang pilot mendengar suara tembakan yang mengenai body pesawat.

Ketika landing di Bandara Sentani sekitar pukul 14.59 WIT dan dalam keadaan aman, seluruh penumpang diturunkan, kemudian dilakukan pengecekan pesawat oleh teknisi di bandara.

Dalam pengecekan itu, ditemukan satu lubang bekas tembakan yang berada dibawah body pesawat tembus mengenai kursi penumpang nomor 7C. Kemudian petugas saat melakukan pembersihan kabin, ditemukan juga proyektil yang diperkirakan berukuran (kaliber) 5,56 mm. (RuPol)

Berita Terkini