Bantu Sampaikan Anak Sekdis Pendidikan Lamsel ke Prof. Karomani, Sulpakar Dapat Otak-Otak

Kamis, 9 Maret 2023 17:27
Sulpakar (depan) dan Asep Jamhur (belakang) ketika menuju kursi saksi di PN Tanjungkarang (Foto Endang/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Sekretaris Dinas Pendidikan Lamsel Asep Jamhur mengakui telah meminta tolong kepada Sulpakar agar anaknya diterima di FK Unila. Kadis Pendidikan Lampung itu tak bisa menjamin bisa anak rekannya itu dapat diterima.

Sulpakar yang juga Plt Bupati Mesuji ini hanya dapat mencoba menyampaikan keinginan Asep kepada Mantan Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, SPi. Asep yakin terhadap Sulpakar karena ada anaknya yang diterima FK Unila.

"Prof (Karomani) ada anak kerabat saya tolong dibantu ya," katanya pada sidang lanjutan dugaan suap kepada Karomani di PN Tanjungkarang Kamis (9/3/2023).

Setelah disampaikan, Karomani minta Sulpakar datang ke Unila. Sampai akhirnya, Juli 2022, Asep mengabarkan kepada Sulpakar bahwa anaknya diterima FK Unila sambil membawa otak-otak dan kue dari Kalianda, Kabupaten Lamsel.

JPU KPK kemudian bertanya kepada Sulpakar apakah kenal sebelumnya dengan Karomani. "Tidak, tahun 2020  baru menjadi kepala Dinas Pendidikan Lampung,"  jawabnya.

JPU KPK lalu mengkonfirmasikan apakah Asep kenal dengan Sulpakar? Dijawabnl Asep, kenal. Tentang apakah Sulpakar dapat memastikan anaknya masuk FK Unila ,Asep bilang tak pernah.

Pada sidang tersebut, Karomani keberatan pada kesaksian Sulpakar bahwa dirinya tidak pernah menjanjikan masuk FK Unila

Selain Sulpakar dan Asep, JPU KPK juga menghadirkan kesaksian Sekretaris PWNU Arianto Munawar, anggota DPR RI Tamanuri, Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo, dan
dosen FKIP Unila I Wayan Mustika. (Hajim/Endang)

Berita Terkini