Ngaku Saudara Pemilik, Pencuri Nguras Uang Kios BRI Link di Pesawaran

Rabu, 7 Juni 2023 21:25
(Foto CCTV/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Pencuri tanpa kekerasan sedikit pun menyikat semua uang dari laci kios BRI Link di depan pegawainya di Desa Bagelen, Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran, Selasa (6/6/2023), pukul 15:12 WIB.

Dalam rekaman CCTV, pelaku dengan percaya diri langsung masuk kios dan membuka laci uang di depan penjaganya. Pria berbaju hitam dan celana jeans pendek warna biru itu kemudian pergi begitu saja.

Pemilik kios BRI Link, Wawan, warga Perum Binamitra Desa Bernung, Kecamatan Gedongtataan itu mengungkap pencuri mengaku saudaranya dan meminta uang tunai kepada penjaga kios, Fransisca.

"Penjaga kios memang baru bekerja, dan kemungkinan belum memahami standar operasional agen BRI Link, sehingga memberikan izin orang asing masuk ke dalam kios," kata Wawan saat dijumpai di kios BRI Link Desa Bagelen Kecamatan Gedongtataan, Rabu (7/6/2023).

Akibat kejadian tersebut, pemilik kios menderita kerugian materil sebesar Rp13 juta, uang tunai tersebut diambil pencuri dari laci penyimpanan uang.

"Atas kejadian itu, saya langsung melapor ke pihak kepolisian, lantas petugas mendatangi lokasi dan melakukan olah tempat kejadian perkara," ujarnya.

Mewakili Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo, Kasat Reskrim Polres Pesawaran AKP Supriyanto Husin menyebut pelaku melancarkan aksinya dengan berpura-pura menjadi saudara yang pemilik kios.

"Pelaku seolah-olah disuruh ambil uang tunai oleh pemilik kios, nah akhirnya penjaga membukakan pintu, setelah pintu kios terbuka pelaku langsung mengambil uang tunai di depan penjaga kios," kata Supriyanto.

Ia mengimbau bagi pemilik kios BRI Link untuk meningkatkan kewaspadaan, guna mencegah kejadian serupa terulang kembali di wilayah hukum setempat.

"Kita sudah kumpulkan bukti, termasuk rekaman kamera pengawas, dan kita sedang mengejar pelaku," pungkasnya. (Rama)

Berita Terkini