Pencuri Kabel di Stasiun KA Kebayoran Berhasil Diringkus Polsus KAI

Kamis, 12 September 2024 21:49
Polsus PT KAI berhasil menangkap pencuri kabel di Stasiun Kebayoran heloindonesia

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Pencurian kabel yang meresahkan warga, terutama membahayakan sistem transportasi, semisal Kereta Api (KA), telah berkurang. Setidaknya, setelah tertangkapnya pelaku berinisial W (28). 

"Pelaku kini telah kami serahkan ke Polsek Kebayoran Baru berserta barang buktinya," kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko kepada wartawan, pada Kamis (12/9/2024).

Dia katakan, bersama tim-tim keamanan dari KAI Daop 1 Jakarta, pelaku sudah diserahkan pukul 13.10 WIB ke Polsek Kebayoran Baru untuk proses hukum selanjutnya.

Berikut barang bukti berupa1 buah kabel bonding LAA kurang lebih 1,5 meter, 1 buah tang potong, 1 buah topeng, 1 buah topi. 

Baca juga: Warga Tanah Merah Menangkan Gugatan Rp 22 Miliar dari Kebakaran Depot Pertamina

Pelaku diduga mencuri kabel bonding listrik aliran atas (LAA) dan berhasil ditangkap tim keamanan dari Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta.

W diduga mencuri kabel bonding LAA di Km 11+500 Petak Stasiun Palmerah-Stasiun Kebayoran.

Kasus ini terungkap berawal dari pemantauan tim pengamanan (PAM) KAI Daop 1 Jakarta.

Kemudian, tim pengamanan yang sedang bertugas memantau CCTV melihat pelaku yang juga warga Kebayoran sudah masuk dalam area jalur KA dan mengabarkan kepada ketua Tim (Intel Polsus) KAI Daop 1 Jakarta bahwa target sedang melakukan aksi pemotongan kabel bonding di Km 11+500.

Baca juga: Ekstraksi Komedo Jadikan Kulit Wajah Lebih Mulus, Bersih dan Segar

"Ketua tim keamanan KAI Daop 1 Jakarta langsung berkoordinasi kepada tim yang dekat dengan lokasi terjadinya pencurian, pelaku W langsung diamankan di Stasiun Kebayoran dan ditangkap pukul 03.40 WIB oleh petugas keamanan setempat yang sedang bertugas," ujar Ixfan. 

Ixfan mengatakan saat dimintai keterangan oleh tim keamanan dari KAI Daop 1 Jakarta, pelaku mengaku sudah melakukan aksi pencurian sebelumnya sebanyak 2 kali.

Pelaku W mengaku sudah dua kali pelaku melakukan pencurian, pertama petak jalan Stasiun Kebayoran-Palmerah pada tanggal 2 September 2024, sedangkan yang kedua petak Jalan Krenceng Km 137+6 pada tanggal 29 Agustus 2024," ujar Ixfan.

Ia mengimbau jika ada oknum yang melakukan dan membahayakan perjalanan KA dapat segera menghubungi call center 121 atau keamanan stasiun terdekat.

Baca juga: Alasan Megawati Tidak Diturunkan di Turnamen Diungkap Media Korea

Berita Terkini