Aksi Begal Ini Bisa Menyebabkan Kelangkaan Minyak Goreng

Selasa, 10 September 2024 17:32
Begal punya banyak trik menjerat korban Pexels.com

HELOINDONESIA.COM - Begal seringkali menggunakan berbagai cara licik untuk mengelabui korbannya. Tujuan utama mereka adalah membuat korban lengah sehingga aksi kejahatan mereka dapat berjalan mulus.

Berikut beberapa modus operandi yang sering digunakan begal yaitu

Pura-pura meminta bantuan, begal mungkin akan berpura-pura mengalami masalah, seperti motor mogok atau meminta petunjuk arah.

Ketika korban berhenti untuk membantu, mereka akan langsung menyerang.

Menyamar sebagai petuga sebagai polisi, petugas parkir, atau petugas keamanan untuk mendapatkan kepercayaan korban.

Setelah korban lengah, mereka akan melakukan aksi kejahatan.

Berpura-pura kenal mungkin akan memanggil nama korban atau berpura-pura mengenal korban untuk menciptakan rasa aman. Setelah korban merasa akrab, mereka akan melancarkan aksinya.

Beberapa begal langsung menyerang tanpa peringatan. Mereka akan memukul, menendang, atau mengancam korban dengan senjata tajam.

Mengincar korban yang lengah, begal seringkali mengincar korban yang sedang lengah, seperti sedang menggunakan ponsel, sedang berjalan sendirian di tempat yang sepi, atau sedang mengendarai kendaraan dengan kecepatan rendah.

Baca juga: Video Detik-detik Pemilik Motor Ditembak Begal saat Mempertahankan Motornya Hendak Diambil

Di Lumajang, Jatim, begal menngunakan modus baru yang bisa merepotkan emak-emak untuk memasak karena mereka memakai minyak goreng. Aksi ini juga bisa menyebabkan minyak goreng langka.

Dua remaja perempuan nyaris jadi korban perampasan motor dengan modus melempar minyak goreng plastikan disekitar mesin motor saat berjalan.

Modus yang terbilang baru ini dengan cara bagian belakang roda sepeda motor diam-diam disiram dengan oli maupun minyak goreng oleh pelaku sehingga seolah rem sepeda motor kepanasan lalu berasap.

Pelaku kemudian menawarkan diri atau mengantar ke bengkel terdekat dengan biaya perbaikan berkali lipat, padahal sebenarnya kondisi rem tidak rusak.

Kejadian ini tidak sekali daja di Lumajang namun sudah dua kali. Pertama pada hari Jumat di daerah sekitaran Pemandian Selokambang Kecamatan Sumbersuko. Seperti unggahan akun @thytha262626 menimpa putrinya saat itu.

Kedua kalinya juga sama persis di daerah Jatiroto yang diunggah oleh akun @sttyy.

Nah, bedanya disini adalah pelaku mengatakan ke calon korban bahwa ada kebocoran oli di mesin motor dan diminta menepi.

Setelah menepi maka pelaku dengan leluasa berusaha menguasai motor calon korban kemudian dibawa kabur. Tapi beruntung kasus dalam video ini belum sampai kejadian, calon korban dan motor selamat.

Minyak goreng curah dalam kemasan plastik kiloan memang murah dan mudah di dapat, tapi kalau disalahgunakan untuk berniat jahat ini sangat tidak elok dan tidak manusiawi.

Pelaku pastinya cuma berfikir mendapat motor yang di target, tidak peduli calon korban adalah anak atau orang tua, bagaimana jika itu satu-satu alat mata pencarian korban atau korban jadi cacat atau meninggal dunia?

Menanggapi soal kasus ini Kapolsek Jatiroto AKP Agus Sugiharto juga menghimbau kepada masyarakat luas, ketika berkendaraan selalu berhati-hati dan selalu waspada. Apabila melewati jalur yang ramai atau padat penduduk, segera melaporkan kejadian agar pelaku segera ditemukan.**

Berita Terkini