Belasan Anggota Gank Motor, Sajam Diamankan Tim Gabungan Polres Binjai dan Kodim 0203 Langkat

Senin, 2 September 2024 11:53
Tim gabungan Polres Binjai dan Kodim 0203 Langkat, berhasil mengamankan belasan anggota Gank Motor dan beberapa sejata tajam, Minggu 1 Agustus 2024. Lilik Riadi Dalimunthe

HELOINDONESIA.COM - Tim gabungan Polres Binjai dan Kodim 0203 Langkat, berhasil mengamankan belasan anggota Gank Motor dan beberapa sejata tajam, Minggu 1 Agustus 2024.

Belasan anggota Gank Motor tersebut, diamankan di tiga lokasi berbeda saat Tim Gabungan melakukan razia dan patroli antisipasi kejahatan Curas,Curhat dan Curanmor (3C) dan razia antisipasi gangguan Kantibmas.

Dari patroli dan razia ini, tim gabungan berhasul mengamankan tujuh sepeda motor dan 12 anggota geng motor bersajam yang kerap kali meresahkan warga.

Kapolres Binjai, AKBP. Bambang C Utomo, SH, SIK, MH melalui Kasi Humas Iptu Junaidi mengatakan, kegiatan patroli dan razia itu dipimpin Kabagops Polres Binjai Kompol Polin B. Damanik.

“Patroli dan razia ini menyasar pada beberapa kegiatan masyarakat yang dianggap memiliki potensi gangguan kamtibmas diantaranya aksi geng motor, premanisme, perjudian, prostitusi, peredaran narkotika serta miras dan senjata tajam dengan objek diskotik, rumah kost, cafe serta tempat hiburan malam,” kata Junaidi.

“Pada pelaksanaanya kegiatan ini terbagi dalam 4 Rayon (gabungan Polsek) yang bersifat mobile dimasing-masing wilayah hukum polsek, serta 1 Tim yang terdiri gabungan satuan fungsi polres binjai yang bersifat stationary,” sambungnya.

Dari lokasi pertama di Jalan T. Imam Bonjol, Kelurahan Setia, Binjai Kota, kata Junaidi, petugas berhasil mengamankan dua remaja pengendara sepeda motor berinisial A (17) dan DA (16).

“Keduanya diamankan pada saat konvoi melintasi lokasi, lawan arah. Ada sekitar 30 kereta dengan membawa senjata tajam, menurut hasil pengakuan keduanya tergabung dalam komunitas PMD (Pemuda Misteri Diski),” beber Junaidi.

Selanjutnya, terang Junaidi, petugas kembali mendapat informasi dari masyarakat terkait geng motor. Disini, 5 remaja diduga geng motor telah di kepung masa di sebuah cafe di Jalan Ksatria, Kelurahan Satria, Binjai Kota.

“Mereka diduga bagian dari kelompok komunitas motor yang meresahkan, diantaranya RA (15), REP (19), YD (16), HA (17), EFB (16) dari lokasi juga turut diamankan sejumlah senjata tajam rakitan berbagai ukuran,” paparnya.

Tidak jauh dari lokasi tersebut, masih kata Junaidi, warga bersama petugas kembali mengamankan lima orang remaja laki-laki lainnya dari sebuah warung di lingkungan Blok 2 yang diduga kuat bagian dari kelompok komunitas motor meresahkan yang akan konvoi.

“Mereka yang diamankan diantaranya DBS (19), YPS (17), BDP (17), RY (16), MI (17),” jelasnya.

“Terhadap 12 orang yang telah diamankan saat ini berada diruangan Sat Reskrim Polres Binjai untuk diambil keterangan,” tutup Junaidi. 

Berita Terkini