KPK Respon Dugaan Gratifikasi Ketua IKA FH Unila Asri Agung

Minggu, 25 Agustus 2024 22:27
Dokumen Dr. Asri Agung Putra, SH, MH setelah viral pernyataan menantunya tentang fasilitas yang dinikmati keluarga mertuanya dari pengusaha. Helo Lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- KPK RI merespon laporan dugaan gratifikasi Dr. Asri Agung Putra, SH, MH setelah viral pernyataan menantunya tentang fasilitas yang dinikmati keluarga mertuanya dari pengusaha.

Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto mengatakan lembaganya siap menindaklanjuti dugaan penyalahgunaan jabatan yang dilakukan oleh penyelenggara negara, termasuk Asri yang kini jadi ketua IKA FH Unila. 

KPK RI mengapresiasi dan berterima kasih adanya informasi masyarakat atas dugaan awal gratifikasi yang melibatkan penyelenggara negara, kata Tessa Mahardhika, Minggu (24/8/2024).

Tessa meminta masyarakat yang mengetahui atau memiliki informasi awal yang lebih lengkap adanya dugaan yang dimaksud dapat melapor ke saluran pengaduan masyarakat (dumas)

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch atau ICW mendesak KPK selidiki adanya petunjuk dugaan gratifikasi Staf Ahli Bidang Pertimbangan dan Pengembangan Hukum Kejaksaan Agung RI itu.

Dugaan gratifikasi Asri Agung Putra diungkapkan oleh menantunya sendiri, Jelita Jeje, yang merupakan istri dari Kepala BP Bintan Farid Irfan Siddik.

Menurut Mirza, Kalau merujuk pada UU Tipikor khususnya dalam pasal 12B penyelenggara negara dilarang menerima pemberian apapun dari pihak manapun.

Pernyataan itu bermula ketika Jelita yang menanggapi ramainya hujatan yang ditujukkan kepada menantu Presiden Jokowi, Erina Gudono yang pamer menaiki pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat.

Hujatan itu mengarah pada berasal darimanakah anggaran itu. Kalau merujuk pada UU Tipikor khususnya Pasal 12B penyelenggara negara dilarang menerima pemberian apapun dari pihak manapun.

Dorongan itu muncul setelah tangkapan layar percakapan menantunya, Dwi Okta Jelita, dengan seseorang muncul di dunia maya. 

Dalam percakapan dengan seseorang, Jelita yang menggunakan akun @JelitaJeje mengaku dirinya dan keluarganya kerap mendapat fasilitas dari para pengusaha saat bepergian ke luar negeri. (HBM)


 - 

Berita Terkini