bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Laporan Ketum PWI Soal Pelanggaran UU ITE Wilson Lalengke dan Yusuf Rizal Akan Naik ke Tahap Penyidikan, Ilham Bintang Gak Perlu Gertak-Gertakan

19 jam 45 menit lalu
    Bagikan  
UU ITE
Foto: tangkapan layar

UU ITE - Wilson Lalengke pernah ditangkap polisi dalam kasus perobohan papan bunga milik tokoh adat di PN Sukadana, Lampung Timur, Provinsi Lampung.

HELOINDONESIA.COM - Gertakan bekas Ketua Dewan Penasihat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ilham Bintang yang akan mempertimbangkan untuk menempuh proses hukum kerjasama Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang disponsori Forum Humas BUMN ditanggapi dingin Kuasa Hukum PWI Pusat HMU Kurniadi.

"Ini negara hukum. Apabila ada perbuatan pidana silahkan dilaporkan. Gak perlu gertak-gertakan," kata HMU Kurniadi kepada wartawan di Gedung Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta pada Selasa (6/8/2024).

HMU Kurniadi mengungkapkan, dugaan penyimpangan Program UKW yang disponsori Forum Humas BUMN telah diaudit Kantor Akuntan Publik Haryo Tienmar.

“Hasilnya tidak ditemukan penyimpangan yang material dan signifikan,” tambah HMU Kurniadi.

Baca juga: Resep Cara Membuat Bolu Kukus Kopi Mudah, Kesukaan Mertua!

Selain itu berdasarkan rapat pleno diperluas PWI Pusat tanggal 27 Juni 2024 terungkap bahwa kegiatan tersebut telah selesai dipertanggungjawabkan.

"Kegiatan UKW sudah selesai dipertanggungjawabkan," katanya.

HMU Kurniadi juga mengkritik tudingan adanya tindak pidana korupsi dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya definisi korupsi itu salah alamat. Pendanaan UKW tersebut bukan berasal dari keuangan negara dan bukan merupakan hibah dari kementerian BUMN.

"Pembiayaan pogram UKW tersebut berasal dari dana sponsorship. Ini murni kerjasama profesional. Ada prestasi dan kontraprestasinya," jelas HMU Kurniadi.

"Ironis apabila tidak paham," katanya.

Baca juga: Cara Cepat Dapat Saldo DANA Gratis Agustus 2024, Langsung Masuk!

Sebelumnya Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun melaporkan media sosial yang menampilkan Wilson Lalengke dan Yusuf Rizal ke Polda Metro Jaya pada 20 Mei 2024 atas tuduhan yang mereka lontarkan di media sosial.

Proses pemeriksaan pelanggaran UU ITE sedang berlangsung dan diperkirakan akan naik ke tahap penyidikan.

"Semoga tidak terlalu lama lagi laporan saya akan selesai," ujar Hendry.

Hendry menduga tuduhan tersebut merupakan upaya terselubung untuk menyingkirkan Ketua Umum PWI Pusat yang terpilih dalam Kongres PWI 2023.

Baca juga: Kabar Baik! UNIMED Tidak Ikut Menaikan Biaya Kuliah

"Kalau mau mengganti Ketum, tunggu Kongres PWI tahun 2028. Jangan karena perbedaan politik pasca pilpres dicari-cari alasan mendongkel Ketua Umum PWI Pusat," tegas Hendry Ch Bangun.