bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Polres Jakarta Timur Patroli dan Bagikan Sembako

Herman Batin Mangku - Nasional -> Hukum & Kriminal
Kamis, 9 Mei 2024 20:55
    Bagikan  
POLRES JATIM
Helo Jakarta

POLRES JATIM - Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Nicolas Ary Lilipaly (Foto.Rls?

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - - Kepolisian Resor (Polres) Metro Jakarta Timur patut diacungkan jempol. Seperti berkejaran dengan waktu, institusinya berjibaku dengan beberapa kepolisian Sektor (Polsek) di Jakarta Timur terjun ke masyarakat merealisasikan Program Mantap dan Taktis.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Nicolas Ary Lilipaly dalam menjaga dan membangun kemitraan antara Kepolisian dan masyarakat, telah menggelar program Mantap dan Taktis berupa patroli dan bagi-bagi makanan dan beras ke warga setempat, pada Kamis pagi (9/5).

Diwakilkan oleh Satuan Bimbingan Masyarakat (Sat Bimas) Polres Metro Jakarta Timur bersama Polsek Makasar membagikan gratis sebanyak 300 nasi bungkus dan air mineral ke masyarakat yang berkekurangan di kawasan Jl Cipinang Bali RT 14/03, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

"Kegiatan seperti ini menjadi wujud nyata dari kedekatan polisi dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat," kata Kapolsek Makasar Kompol Rusit Malak kepada wartawan.

Ini juga merupakan wujud kepedulian dan perhatian Polri kepada masyarakat.
Pihaknya pun berharap, dengan bantuan nasi gratis ini dapat sedikit meringankan beban mereka.

Disebutkan Rusit, kegiatan rutin berbagi nasi bungkus ini, rutin dilakukan dengan lokasi pembagian berpindah-pindah.

Kolaborasi positif antara Kepolisian dan masyarakat, kata dia, diharapkan dapat memperkuat ikatan kebersamaan dalam menciptakan lingkungan yang aman dan harmonis.

Salah satu warga di sana bergembira dengan pembagian makanan gratis tersebut. "Trimakasih pak, moga kegiatan ini terus berlanjut. Sukses terus pak polisi, " ujar Lukman Ketua RW 03 yang juga warga Cipinang Bali.

Berbarengan dengan itu, di hari yang sama Kapolsek Jatinegara Kompol Chintya Intania Kusnita memberikan bantuan sembako di wilayah Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur.

Bersama Bhabinkamtibmas Polsek Jatinegara Aiptu Lukman, Kapolsek melakukan bakti sosial dengan memberikan sembako, berupa beras 5 (lima) kilogram, pada warga setempat yang kurang mampu.

Dia mengatakan, sembako ini diberikan kepada warga yang bekerja serabutan, buruh cuci maupun pekerja harian.

"Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan dapat membantu meringankan beban mereka," ujar Lukman.

Sementara itu, Kapolsek Chintya Intania Kusnita berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan dapat menginspirasi masyarakat lainnya untuk membantu sesama.

Usai bagi-bagi makanan dan sembako, sehari sebelumnya Kapolres Nicolas _ngebut_ dengan program pedulinya langsung melakukan kegiatan patroli.

Bersama Tim Patroli Perintis Presisi (TP3), mereka berpatroli menyisir wilayah zona Tengah dan Selatan Jakarta Timur. Antara lain di Jl Otista Raya, Jl Kerja Bakti, Jl Taman Mini I, Jl Lapangan Tembak, Jl. Raya Bogor hingga Jalan Dewi Sartika Jakarta Timur.

Kegiatan patroli ini juga dilakukan bersama Kasat Samapta, Kasi Propam dan Kanit Turjawali serta Tim TP3 Polres Metro Jakarta Timur.

Kapolres mengatakan, fungsi polisi dalam struktur kehidupan masyarakat adalah pengayom masyarakat. Sebagai penegak hukum, mereka mempunyai tanggung jawab khusus untuk memelihara ketertiban masyarakat dan menangani kejahatan baik dalam bentuk tindakan kejahatan maupun bentuk pencegahan kejahatan agar masyarakat dapat hidup dan bekerja dalam keadaan aman dan tenteram.

Patroli ini dilakukan, lanjutnya untuk melihat kondisi keamanan wilayah dari kecenderungan ada-tidaknya potensi kejahatan dan gangguan Kamtibmas. Selain itu, juga dilakukan untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif dan Kamseltibcarlantas yang tertib.

Kapolres menuturkan kegiatan patroli, selain sebagai _hunting system_, harus dilakukan secara dialogis guna kedekatan dan menggali secara langsung informasi dari masyarakat. Dan selalu memonitor situasi yang sedang berkembang di tengah-tengah masyarakat.

Dia berharap, Jakarta Timur tetap terjaga keamanan dan ketentramannya. Sehingga aktivitas masyarakat tetap dapat berjalan secara kondusif.

"Patroli bermotor kali ini juga sebagai kesiap-siagaan serta kesigapan untuk memberikan pelayanan yang terbaik serta cepat dan tepat dalam merespon pengaduan masyarakat, ujarnya mengakhiri. (Aris Mohpian Pumuka)

 - 

Tags