Helo Indonesia

Abraham Samad Dapat Serangan Balik dengan Foto Tak Senonoh dan Sprindik Bocor

Jumat, 14 April 2023 15:20
    Bagikan  
Abraham Samad Dapat Serangan Balik dengan Foto Tak Senonoh dan Sprindik Bocor

Mantan Ketua KPK Abraham Samad saat demo isu pembocoran dokumen dugaan kasus korupsi di ESDM oleh Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM ? Mantan Ketua KPK Abraham Samad dan sejumlah pimpinan KPK resmi melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri ke Dewas KPK. Mereka meminta agat Firli dicopot karena diduga membocorkan dokumen rahasia penyelidikan kasus korupsi. 

Laporan itu dilakukan pada Senin (10/4/2023). Selain Abraham Samad, ada mantan pimpinan KPK yang lain, yakni Bambang Widjojanto dan Saut Situmorang.

Rupanya setelah langkah melaporkan Firli Bahuri ke Dewas KPK tersebut, Abraham Samad mendapat serangan balik lewat media sosial. Dalam beberapa postingan dituliskan bahwa Abraham Samad juga pernah membocorkan dokumen rahasia penyelidikan kasus korupsi.

Selain itu, serangan juga berupa foto tak senonoh, yang diduga editan. Dalam postingan warganet SONTOLOYO (akun @cagubnyinyir2) gambar hanya dibei teks singkat, yang kemudian ditag ke@KPK_RI, dam @abrahamsamad.

?ORANG SUCI MANTAN KETUA KPK @KPK_RI@gundala2221@abrahamsamad,? tulis akun tersebut, diposting 13 April. Foto tak senonoh itu berupa seperti wajah Abaham Samad di Kasur memeluk wanita, keduanya dalam satu selimut. Tapi gambar tidak begitu jelas.

Rupanya unggahan seperti ini mendapat tanggapan dari pengamat sosial Gigin Praginanto (@giginpraginanto). Ia membuat cuitan tersendiri, tanpa ada foto tak senonoh, dan menyebutnya yang mengunggah orang biadab yang igin menyelamatkan koruptor, dengan menebar foto editan Abraham Samad seolah berbuat tak senonoh. Dia tidak menyebut nama yang dimaksud.

?Mereka benar-benar biadab. Demi menyelamatkan para koruptor, mereka menebar foto editan Abraham Samad seolah sedang berbuat tidak senonoh. Kebiadaban mereka dipicu oleh kegigihan dan konsistensi Abraham Samad melawan korupsi,? tulis Gigin Praginanto (@giginpraginanto).

Mengomentari unggahan itu, seorang warganet (@didihusadi) menuliskan pesan, bahwa yang satu satu silabu, satu gendang rampak, kemungkinan yang berarti satu aliran dengan pihak yang menyerang Anies Baswedan terkait isu tebang pohon di kawasan Monas.

?Yg menyebarkan satu silabus satu gendang satu rampak sepenarian.....begitu juga isu tebang pohon monas saat era @aniesbaswedan  diblow-up lgi (krn sang Plt mentrigger??) walau secara kasat mata kawasan monas begitu asri,teduh dan hijau saat ARB sudahi amanat mengelola @DKIJakarta,? tulis warganet @didihusadi.

Samad Diungkit Sprindik Bocor?

Di twitter pula, muncul serangan terhadap Abraham Samad, di masanya menjadi Ketua KPK dia dituding membocorkan sprindik (surat perintah penyidikan) kasus dugaan korupsi. Adalah warganet dengan akun @MARQUEZ__93 yang mengunggah masalah sprindik bocor tersebut, lewat tulisan dan unggahan video

Di unggahannya, dia menampilkan video pernyataan I Gede Pasek Suardika (Ketum Partai Kebangkitan Nusantara) yang juga sahabat karib Anas Urbaningrum yang kini sudah bebas dari penjara Sukamiskin Bandung terkait hukuman pidana kasus korupsi.

Awalnya, akun @MARQUEZ__93 membicarakan masalah pernyataan (politisi Partai Demokrat) Andi Arief, yang mengatakan Anas Urbaningrum (AU) harus minta maaf ke SBY. Gede Pasek mengatakan, justru SBY yang harus minta maaf ke Anas Urbaningrum.

Dari situ, Gede Pasek kemudian merembet ke masalah Abraham Samad, dan mengukit sprindik bocor,  sprindik (surat peintah penyisikan) KPK.

?Terkait Pernyataan Andi Arief, Gede Pasek Tegaskan justru SBY yg harus minta maaf ke AU bukan AU. Gede Pasek juga singgung tertawakan Abraham Samad dan BW mendemo Firli Bahuri ketua KPK skrg. Padahal dia sendiri pelaku Sprindik bocor. Tunggu AU, Antasari VS AB, BW,? tulis akun @MARQUEZ__93.

Lantas, video yang diunggah @MARQUEZ__93 ternyata berisi pernyataan I Gede Pasek Suardika, yang isinya kurang lebih sama dengan unggahan teks tersebut. Pernyataan Gede Pasek seperti berikut bunyinya.

?Sprindik bocor, saya ketawa hari ini ketika Abraham Samad mempermasalahkan Firli karena membocorkan penyelidikan di ESDM, beliau iu juga pelaku sprindik bocor. Sprindik belum ada gelar perkara sudah ditandatangani, dibawa ke Istana.?

  Selain itu, ada lagi warganet yang mengungkit kasus sprindik bocor era Ketua KPK Abraham Samad. Akun Bambang mulyono (@Bambangmulyonoo) bocornya sprindik Anas Urbaningrum saat itu.

?Kronologi bocornya sprindik @anasurbaningrum Pelakunya Wiwin Suwandi sekretaris pribadi Abraham Samad,? tulisnya.

Yang lainnya, mengunggah video dengan teks singkat tapi menohok, yakni akun ROMEO (@RomeoWalker19). Serangan ditujukan kepada Abraham Samad terkait sprindik tersebut lewat penyataan pria di dalam video. Untuk teks unggahan, dia hanya menuliskan singkat yang ditag juga kepada Abraham Samad: ?AKANKAH SENJATA MAKAN TUANNYA..? @KataBewe @AbrahamSamadd  @abrahamsamad,? tulisnya dengan emoji tertawa.

 Ada pun unggahan video, di dalamnya ada pernyataan dari seseorang kepala plontos, sepertinya orang biasa dan namanya belum terkenal. Dibubuhkan dalam video screenshoot (tampaknya) judul berita online, tertulis: Ketua KPK Abraham Samad jadi tersangka pemalsuan dokumen. 

Pria plontos itu juga menyoroti bahwa Abraham Samad juga pelaku pemalsuan dokumen. Bunyi pernyataan di dalam video seperti berikut ini:

?Salam Logika. Izin ketawa bos. Gua ketawa aja ketika melihat Abraham Samad dan bambang Wijanarko (Red: mungkin maksudnya Bambang Wodjojanto) mendemo Ketua KPK yang sekarang yaitu Firli Bahuri. Padahal, seperti kita ketahui, Abraham Samad juga adalah pelaku sprindik atau dokumen palsu. Dan yang lucu lagi pasca diberhentikannya Brigjen Endar Priantoro dari KPK, kok banyak pendukung WanAB yang panik. Kira-kira kenapa ya, apa takut kasus Formula E dilanjutkan,? ujar pria plontos tersebut. (*)

(A Winoto)