bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Bernostalgia! Berikut Beberapa Rekomendasi Film Anime Rilisan Tahun 90-an

Epenz - Hiburan
Selasa, 14 Mei 2024 16:37
    Bagikan  
Bernostalgia! Berikut Beberapa Rekomendasi Film Anime Rilisan Tahun 90-an
Medium.com

HELOINDONESIA.COM - Era 90-an adalah masa keemasan bagi dunia anime yang membawa pengaruh besar di industri perfilman secara global.

Tahun 90-an ini tidak hanya memberikan lahirnya karya-karya legendaris, tetapi juga membentuk fondasi bagi genre-genre yang kita kenal dan cintai hari ini. Dalam artikel ini, ada beberapa anime terbaik tahun 90-an yang bisa kalian ketahui.

Berikut beberapa rekomendasi film anime rilisan tahun 90-an melansir dari yoursay.

Kamu akan dibawa ke masa-masa indah penuh nostalgia.

1. Ninja Scroll (1993)

Ninja Scroll adalah sebuah film anime Jepang yang menggabungkan genre aksi, petualangan, dan fantasi. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Yoshiaki Kawajiri yang juga dikenal lewat karya Vampire Hunter D: Bloodlust.

Ceritanya mengikuti perjalanan seorang pendekar pedang bernama Jubei Kibagami, yang tanpa sengaja terlibat dalam konspirasi besar yang melibatkan klan ninja dan prajurit iblis. Ia berhasil menyelamatkan seorang ninja perempuan bernama Kagero dari serangan mengerikan.

Jubei lalu bergabung dengan seorang mata-mata pemerintah yang licik, Dakuan, untuk menghadapi delapan prajurit iblis yang dipimpin oleh musuh bebuyutan, Gemma.


2. Princess Mononoke (1997)

Princess Mononoke adalah film petualangan fantasi yang disutradarai oleh sang maestro animasi Jepang, Hayao Miyazaki.

Film produksi Studio Ghibli ini mengisahkan tentang seorang pejuang bernama Ashitaka yang dihadapkan pada pusaran konflik antara manusia dan alam. Saat desanya diserang oleh seekor babi setan yang terjangkit kutukan, Ashitaka terpaksa membunuhnya untuk melindungi warga desa.

Namun, ia juga terkena kutukan dan harus meninggalkan desa untuk mencari kesembuhan dan mengungkap misteri di balik kejadian tersebut.

Selama perjalanan, Ashitaka bertemu dengan berbagai karakter yang terlibat dalam pertarungan antara manusia yang ingin menguasai hutan dan dewa-dewa hutan yang melindungi lingkungan mereka.

3. Perfect Blue (1997)

Perfect Blue adalah film thriller psikologis garapan sutradara Satoshi Kon. Ceritanya mengikuti Mima Kirigoe, mantan anggota grup idol yang memutuskan untuk beralih profesi menjadi aktris.

Keputusan ini membawa Mima ke dalam dunia hiburan yang lebih kelam dan penuh tekanan. Saat Mima menerima peran-peran yang semakin kontroversial, ia menjadi target seorang penguntit yang obsesif.

Di tengah kekacauan mental di mana kenyataan dan ilusi mulai kabur baginya, sejumlah kasus pembunuhan muncul hingga membuat Mima meragukan kewarasannya sendiri.

4. Ghost in the Shell (1995)

Ghost in the Shell adalah film anime cyberpunk yang disutradarai oleh Mamoru Oshii. Berlatar di masa depan tahun 2029, film ini mengikuti kisah Mayor Motoko Kusanagi, seorang cyborg yang bekerja untuk Seksi 9, sebuah unit kepolisian khusus yang menangani kejahatan cyber.

Misi Motoko adalah mengejar dan menangkap seorang hacker jenius yang dikenal dengan sebutan Puppet Master. Ia sangat handal meretas dan mengendalikan pikiran manusia melalui jaringan cyber.

Pertemuannya dengan Puppet Master mengantarkannya pada sebuah konspirasi besar terkait pemerintah dan teknologi canggih yang mempertaruhkan seluruh masyarakat.

5. Only Yesterday (1991)

Only Yesterday adalah film anime drama yang disutradarai oleh Isao Takahata dan diproduksi oleh Studio Ghibli.

Film ini menceritakan tentang Taeko Okajima, seorang wanita berusia 27 tahun yang tinggal di Tokyo. Merasa jenuh dengan rutinitas sehari-hari, Taeko memutuskan untuk mengambil cuti dan pergi ke perdesaan Yamagata untuk membantu memanen bunga safflower di pertanian keluarga.

Selama di perdesaan, Taeko mengenang masa kecilnya di tahun 1966. Kepingan momen yang membahagiakan hingga mengecewakan muncul kembali di ingatannya.

Melalui kilas balik ini, penonton diajak untuk melihat bagaimana pengalaman masa kecil Taeko membentuk kepribadiannya hingga menuju ke fase dewasa.