Wapres Terkesan Pada Film Buya Hamka, Ajak Generasi Muda Nonton karena Bagus dan Inspiratif

Rabu, 22 Maret 2023 23:13
Film Buya Hamka.

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM ? Pembuatan film Buya Hamka sudah rampung. Pemutaran perdana film Buya Hamka telah dilakukan pada Selasa sore (21/03/2023), di Studio II Epicentrum XXI, Jl. H.R. Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan. 

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma?ruf Amin hadir dalam pemutaran perdana film Buya Hamka besutan Sutradara Fajar Bustomi tersebut. Film ini mengangkat kiprah tokoh ulama besar Buya Hamka. (Hamka sendiri merupakan akronim dari Haji Abdul Malik Karim Amrullah)

Usai menyaksikan film tersebut, Wapres mengungkapkan  Buya Hamka adalah seorang  tokoh ulama yang patut untuk teladani dan memiliki keahlian yang lengkap. 

"Saya kira [Buya Hamka], seorang tokoh ulama yang patut kita jadikan teladan, baik sebagai tokoh ulama maupun sebagai seorang pejuang bangsa, juga sebagai sastrawan yang banyak menulis buku-buku roman,? ungkapnya.

Wapres mengapresiasi selain jalan cerita filmnya, juga para pemainnya dapat  memerankan karakter masing-masing tokoh dengan sangat baik. 

?Menurut saya jalan cerita dan juga pemain-pemainnya sangat bagus, bisa menggambarkan dan memberikan inspirasi bagi kita semua,? tuturnya.

Wapres KH Ma'ruf Amin usai menonton film Buya Hamka. (Foto: Setwapres)

Wapres juga mengungkapkan pembuatan film Buya Hamka ini saat dirinya masih menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

"Pembicaraan-pembicaraan tentang pembuatan film ini, ketika itu saya [masih] menjadi Ketua Umum MUI dan sering berdiskusi tentang rencana pembuatan film ini tahun 2015,? kenangnya. 

Terakhir, karena terkesan film Buya Hamka, Wapres mengimbau kepada masyarakat, khususnya bagi generasi muda untuk menonton film Buya Hamka yang menurutnya sangat menarik dan inspiratif. 

Anjuran saya supaya masyarakat menonton film ini. Karena banyak pelajaran dan hal-hal yang bisa dijadikan teladan, serta  memberi inspirasi kepada kita semua, terutama bagi kalangan muda,? ajak Wapres.

?Nontonlah, bagaimana seorang Hamka sejak muda berjuang untuk agama, bangsa dan negara,? imbuhnya. 

Sebelumnya, produser film Buya Hamka, Chand Parwez Servia dalam paparannya menyebutkan bahwa dirinya sangat mengagumi sosok Buya Hamka sebagai seorang kiai dan sastrawan nasionalis. Sehingga, ketika ditawari membuat film Buya Hamka, ia tidak berpikir panjang untuk menerimanya. 

"Saya ingin cerita sedikit, jadi pada tahun 2014 Ketua MUI-nya masih Bang Din Syamsuddin, saya ditawarkan apakah berminat untuk membuat film Buya Hamka. Singkat kata, tahun 2014 kami [langsung] memulai proses pembuatan filmnya,? terangnya. 

Menurut Parwez, proses pembuatan film Buya Hamka sangat panjang, karena selain ingin menyajikan film yang sempurna juga terhalang pandemi Covid-19. 

Film produksi hasil kerjasama Starvision dan Falcon Pictures dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini rencananya akan tayang untuk umum pada 20 April 2023 mendatang. (*)

(A Winoto)

Berita Terkini