Box Office Korea: I, The Executioner Raih Kemenangan dengan Debut $15 Juta, Dominasi Awal Musim Liburan

Senin, 16 September 2024 20:11
Film I, The Executioner raih box office Korea Istimewa

HELOINDONESIA.COM - Film laga kriminal 'I The Executioner” menduduki puncak box office bioskop Korea Selatan dengan perolehan $15 juta. Sesi tersebut merupakan paruh pertama liburan panjang di Korea.

Data dari Kobis, layanan pelacakan yang dioperasikan oleh Dewan Film Korea (Kofic) menunjukkan bahwa film tersebut menikmati pangsa pasar sebesar 86% antara Jumat dan Minggu.

Film tersebut ditonton oleh 2,09 juta penonton. Itu merupakan perolehan akhir pekan pembukaan terbesar kedua oleh film mana pun tahun ini di Korea, di belakang $20,8 juta yang diraih oleh "The Roundup: Punishment" pada akhir April. Secara nasional, akhir pekan terakhir adalah sesi Jumat-Minggu tertinggi ketiga tahun 2024, sebesar $17,5 juta, di belakang dua akhir pekan pertama perilisan "Punishment."

Film yang dikenal secara lokal dengan judul “Veteran 2” merupakan sekuel dari “Veteran” yang dirilis pada bulan Agustus 2015 dan ditulis sekaligus disutradarai oleh Ryoo Seung-wan dan aktor utama Hwang Jung-min. “Veteran” meraup $78,4 juta dari 13,4 juta penonton, menjadikannya film Korea terlaris kelima sepanjang masa di pasar dalam negeri dan film dengan pendapatan tertinggi ketujuh dari semua negara di negara tersebut.

Baca juga: Konser Sheila On 7 di Medan Meriah dan Mengesankan, bank bjb Luncurkan Kartu ATM Edisi Sheila on 7 Tunggu Aku Di

Sekilas, penayangan perdana "I, The Executioner" mengalahkan "Veteran," yang mencatat 1,32 juta penonton dalam tiga hari pertama. Namun, perbandingannya menjadi rumit karena perilisan "I, The Executioner" pada hari Jumat yang tidak biasa dan dampak dari hari libur Chuseok (atau Thanksgiving Korea), yang bagi banyak perusahaan dan staf mereka tahun ini merupakan hari libur lima hari yang berlangsung dari Sabtu hingga Rabu.

“Veteran” dibuka pada hari Rabu biasa menjelang akhir pekan non-libur pada bulan Agustus 2015. Pada akhir hari Minggu pertamanya, “Veteran” telah mencatat lebih dari 2,7 juta tiket masuk.

Dalam beberapa tahun terakhir, Chuseok telah menjadi momen bagi banyak film terkenal yang dipasarkan secara massal untuk dirilis dan bersaing untuk mendapatkan penonton keluarga. Tahun ini, "I, The Executioner" menjadi satu-satunya film andalan yang menjadi penentu musim ini, dan komentator Korea berspekulasi bahwa Chuseok mulai kehilangan arti pentingnya bagi industri film.

Keraguan distributor mungkin juga mencerminkan kegagalan judul-judul seperti "Road to Boston" tahun lalu, pasar film yang secara umum lesu pada tahun 2024, dan minimnya film andalan Korea setelah era COVID yang telah sangat membebani produser film Korea.

Akhir pekan ini juga diwarnai dengan beberapa judul film baru. Namun, yang terbaik di antaranya, "Bread Barbershop: The Birth of the Bread Star" berhasil meraih pangsa pasar di bawah 2%. Animasi buatan Korea ini dirilis pada hari Sabtu dan meraup $336.000 dalam dua hari. Termasuk pratinjau, film ini berakhir pada hari Minggu dengan pendapatan $458.000.

Animasi Korea lainnya, “Heartsping: Teenieping of Love”, menempati posisi ketiga dengan pendapatan $252.000 antara Jumat dan Minggu. Sejak dirilis pada minggu pertama bulan Agustus, film ini telah mengumpulkan $6,71 juta.

Baca juga: Link Nonton Drakor No Gain No Love Ep 7 Sub Indo

“Alien: Romulus,” pemenang tiga dari empat minggu terakhir, turun ke posisi keempat. Film ini memperoleh $251.000 dengan total pendapatan kumulatif sebesar $14,7 juta. (Tangga lagu lokal yang memberi peringkat judul berdasarkan penjualan tiket, bukan pendapatan, menunjukkan film ini berada di posisi kelima.)

Film animasi Jepang “Look Back” berada di posisi kelima dengan pendapatan $245.000. Total pendapatan kumulatifnya setelah 12 hari dirilis adalah $969.000.

Film konser “Lim Young Woong IM HERO The Stadium” berada di peringkat keenam dalam hal pendapatan, meraup $232.000 sehingga total pendapatannya mencapai $5,65 juta sejak dirilis pada 28 Agustus. (Tangga lagu lokal yang tidak memperhitungkan harga tiket premium, menunjukkannya di peringkat kesembilan.)

Film dokumenter tentang panda buatan Korea “My Dearest Fu Bao” turun ke posisi ketujuh, dengan perolehan $143.000 selama akhir pekan. Kini, total kumulatifnya mencapai $1,41 juta.

Film thriller horor AS "Speak No Evil" dirilis secara konvensional pada hari Rabu. Film ini meraup $105.000 selama akhir pekan dan $198.000 selama lima hari pembukaannya.

Film animasi AS "Ozi: Voice of the Forest" dibuka pada hari Jumat dan memperoleh $95.000, cukup untuk menempati posisi kesembilan. Drama remaja Tiongkok yang dirilis ulang "Better Days" memperoleh $81.000.***

Berita Terkini